Friday, 6 August 2021
More

    Latest Posts


    Jacinda Ardern jadi pemimpin negara tersantai di dunia

    Perdana Menteri Selandia baru, Jacinda Ardern disebut sebagai pemimpin negara tersantai di dunia. Hal tersebut terlihat saat ia melakukan wawancara pada hari Senin (24/5/2020) kemarin di tengah gempa yang melanda Selandia Baru.

    Wanita berusia 39 tahun itu sama sekali tidak terlihat panik, ia malah mengumumkan adanya gempa dengan santai dan tersenyum. “Kami hanya mengalami sedikit gempa di sini,” katanya yang sedang melakukan wawancara pada acara berita lokal pagi, Newshub AM. Hal inilah yang membuat dirinya disebut sebagai pemimpin negara tersantai di dunia.

    “Goyangannya lumayan di sini, kamu bisa lihat sesuatu di belakangku bergerak. Sarang Lebah di belakangku agak bergerak lebih banyak dari biasanya,” tambahnya lagi sambil tertawa dan merajuk pada sayap eksekutif gedung Parlemen Selandia Baru di Wellington.

     

    pemimpin negara tersantai

    Saat itu, gempa mengguncang sebagian besar wilayah North Island. Gempa tersebut berkedalaman 52 kilometer dengan kekuataun 5,6 magnitudo yang berpusat dekat Levin atau 90 kilometer utara ibu kota Wellington. Dilaporkan dari kepolisian setempat, tak ada korban jiwa, luka maupun kerusakan, selain itu gempa tersebut juga tidak memicu tsunami.

    Ketika ditanya apakah ia baik-baik saja, Ardern mengatakan bahwa ia baik-baik saja dan dapat melanjutkan wawancaranya kembali. “Baik-baik saja, saya tidak berada di bawah lampu gantung. Saya terlihat seperti berada di tempat yang memiliki struktur suara,” jelasnya lagi.

    Ardern telah menjadi pelopor pemimpin wanita yang tak tersentuh. Hal ini ditunjukkan dari dukungan “Jacinda-mania” sejak pemilihannya pada tahun 2017. Selain menjadi pemimpin negara tersantai di dunia, ia juga termasuk dalam deretan pemimpin wanita yang berhasil menangani COVID-19 hingga tuntas.

    Dalam menangani kasus COVID-19, Ardern dinilai cepat tanggap dalam melakukan lockdown dan social distancing. Ia dengan tegas mengimbau seluruh warga negara untuk mengisolasi diri, terutama orang yang baru masuk ke Selandira Baru. Hal tersebut ia lakukan saat negaranya baru memiliki 6 kasus corona. Setelah itu, Ardern juga langsung melarang turis dan orang asing untuk masuk ke negaranya secara terang-terangan.

    Melalui ketegasan dan kejelasan Ardern dalam mencegah penyebaran virus di negaranya, Selandira Baru dikabarkan mampu mempertahankan pencegahan virus hingga memiliki nol kasus dalam lima hari beruntun. Dilansir dari Kumparan, terhitung dari tanggal 22 Mei hingga 27 Mei 2020 kemarin. Sejauh ini, angka kematian di negara tersebut 21 orang. Saat ini, Selandia Baru perlahan mulai melonggarkan aturan lockdown mereka.

    Di samping itu, penanganan Ardern terhadap kasus terorisme pada mesjid-mesjid di Christchurch tahun lalu dinilai bijaksana dan efektif. Ia melakukan perubahan undang-udang terkait senjata api di Selandia Baru. Ardern juga menolak untuk menyebut nama para pelaku tersebut pada publik.

    Baca juga, 3 Wanita terkaya di dunia harta bertambah dalam 2 bulan

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR