NASA angkat Kethy Lueders jadi wanita pertama yang memimpin human spaceflight

0
Kathy Lueders

Kethy Lueders adalah wanita pertama yang dipilih menjadi pemimpin human spaceflight oleh NASA. Kethy dipilih langsung oleh Jim Bridenstine Friday, seorang Administrator NASA.

Kethy adalah karyawan lama NASA yang sudah memimpin Program Awak Komersial agensi yang telah mendorong pengembang pesawat ruang angkasa pembawa kru pribadi. Pada jabatan barunya tersebut ia akan memimpin Direktorat Misi Eksplorasi dan Operasi Manusia (HEO), sebuah kantor yang bekerja untuk membawa astronot kembali ke bulan dan kemudan ke Mars.

Dilansir dari Space.com, Kethy Lueders menjadi bagian dari kesuksesan NASA untuk program Demo-2 pada 30 Mei lalu. Program tersebut yang membawa astronot Bob Behnken dan Doug Hurley ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS) yntuk pertama kalinya. Rencananya pada tahun 2024 mendatang ia akan menjalankan program baru NASA untuk mendaratkan wanita pertama dan pria untuk menjelajahi bulan.

“Kethy memberi kita pengalaman dan semangat luar biasa yang kita butuhkan untuk terus bergerak maju bersama Artemis dan tujuan kita untuk mendaratkan wanita pertama dan pria berikutnya di bulan 2024,” kata Jim Bridenstine dalam sebuah pernyataan pada hari Jum’at (12/6) kemarin.

Alasan Jim memilih Kathy sebagai pemimpin dari human spaceflight karena wanita itu mampu dan berambisi untuk mengembangkan pasar komersial di ruang angkasa. Mengingat Kethy sudah berpengalaman dalam program pesawat ulang-alik sebelumnya.

“Dari Kargo Komersial dan Sekarang Kru Komersial, dia telah dengan aman dan berhasil membantu mendorong untuk memperluas basis industri bangsa kita. Kathy adalah orang yang tepat untuk memperluas ekonomi ruang angkasa ke sekitar bulan dan mencapai tujuan ambisus yang telah kita berikan,” Jelas Jim lagi. Ia sangat percaya bahwa Kathy dapat membawa NASA ke Bulan dan luar angkasa lainnya.

Kathy telah memulai kariernya di NASA sejak tahun 1992 di White Sands Test Facility di New Mexico. Ia menjadi Shuttle Orbital Manuvering System dan manajer Depot Reaction Control System. Ia kemudian dipindahkan ke Program Stasiun Luar Angkasa Internasional dan menjabat sebagai manajer integrasi transportasi, dimana ia memimpin layanan penyediaan kargo komersial ke stasiun ruang angksa.

Ia juga bertanggung jawab atas pengawasan NASA terhadap pesawat ruang angkasa mitra internasional yang mengunjungi stasiun ruang angkasa, termasuk Kendaraan Transfer Otomatis Badan Antariksa Eropa, Kendaraan Transfer H-II Badan Aerospace Eksplorasi Jepang dan pesawat ruang angkasa Rusia Roscosmos’ Soyuz dan pengembangan peswat ruang angkasa. Dari pengalamannya tersebut, ia diangkat menjadi Manajer Program Kru komersial pada tahun 2013, lalu terpilih sebagai kepala kantor setahun setelahnya.

Sementara itu, ada beberapa tugas yang telah diberikan NASA pada Kethy. Diantaranya adalah membangun kehadiran manusia jangka panjang yang berkelanjutan di dan sekitar bulan pada tahun 2028, membawa astronot ke Mars pada tahun 2030, serta membantu untuk menginkubasi ekonomi lepas-Bumi yang berkembang pesat.

Baca juga, Kathy Sullivan wanita pertama yang berhasil selami titik terdalam Bumi


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan