Peran Penting Perempuan dalam Perkembangan Industri Digital Indonesia

0
105

Di era digital ini tentu sudah tidak asing lagi bagaimana seorang wanita menjadi salah satu bagian penting dalam berkembangnya industri digital lokal bahkan internasional. Demi memperingati hari Kartini, yang diperingati setiap tanggal 21 April, banyak wanita yang berhasil mewujudkan kesetaraan gender.

Banyak sekali perempuan hebat Indonesia yang menjadikan Kartini sebagai inspirasi dalam menjalani karier maupun berkarya sehingga mampu memberikan manfaat kepada khalayak luas.

Terbukti dari berbagai prestasi atau pencapaian perempuan-perempuan Indonesia di berbagai bidang, mulai dari ekonomi, politik, sosial hingga teknologi.

Farrah Nurul Fatimah, misalnya. Sebagai Product Design Lead Tokopedia, ia menjadi salah satu perempuan pemimpin yang mendorong lahirnya berbagai inovasi di Tokopedia untuk mempermudah kehidupan masyarakat.

Ketertarikan Farrah pada dunia teknologi meningkat saat bergabung dengan Tokopedia pada 2013 sebagai web designer. “Saat itu, web designer Tokopedia hanya 3 orang. Kami bertanggung jawab mengembangkan website Tokopedia agar mudah digunakan masyarakat,” jelas Farrah.

Farrah bersama puluhan Product Design Lead Tokopedia memimpin ratusan Nakama untuk mengembangkan berbagai produk di website maupun aplikasi Tokopedia. Inovasi yang dikembangkan termasuk fitur inbox, chat, notifikasi, halaman bantuan/pusat resolusi hingga layanan streaming, Tokopedia Play.

Farrah mengungkapkan, “Dalam menciptakan atau mengembangkan inovasi, kami terus memikirkan kebutuhan pengguna, termasuk visual dan interaksinya. Tentu juga dengan mengedepankan 3 DNA Tokopedia, yaitu Focus on Consumer, Growth Mindset dan Make it Happen, Make it Better.”

Sebagai talenta digital perempuan Indonesia, Farrah mengungkapkan bahwa gender bukanlah penghalang untuk terus berkarya dan memaksimalkan potensi diri di berbagai bidang, yang penting punya kemauan dan kemampuan.

Perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia, saat ini telah menjadi rumah bagi lebih dari 6.000 Nakama yang berasal dari berbagai latar belakang. Perbandingan jumlah karyawan perempuan dan laki-laki relatif seimbang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here