Mengenal Erika Hutapea Data Analyst dari Tokopedia

1

Dalam rangka merayakan Hari Kartini, Gadgetdiva ingin mengajak kalian untuk berkenalan dengan wanita Indonesia dalam bidang teknologi. Salah satunya adalah Erika Hutapea, seorang Data Analyst dari Tokopedia.

Erika Hutapea memulai karirnya sebagai Data Analyst di Tokopedia sejak 2017 lalu. Ia dipercaya untuk memimpin tim Data Analyst untuk TopAds di Tokopedia.

Dirinya bersama tim membantu mengoptimalkan penjual para pegiat usaha di Indonesia yang bergabung bersama Tokopedia. Terutama mereka yang menggunakan fitur TopAds, melalui pemanfaatan big data.

TopAds merupakan fitur Tokopedia yang dapat digunakan untuk memaksimalkan penjualan dengan menampilkan produk yang dijual tampil pada peringkat teratas. Menurut Erika, data analyst berperan dalam mengatur produk apa saja yang menarik perhatian pembeli, serta memastikan bahwa setiap penjual memiliki kesempatan yang sama untuk terkespos ke lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan Tokopedia.

“Seorang data analyst adalah seorang konsultan. Kami bertugas memberikan informasi kepada penjual mengenai keyword yang sedang menjadi tren sehingga bisa dimanfaatkan untuk mendorong penjualan mereka,” jelas Erika dalam talk show inspiratif yang bertepatan dengan HUT ke-11 Tokopedia 17 Agustus 2020 lalu.

Erika juga menyoroti ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki seorang data analyst. Salah satunya kemampuan berpikir logis dan terstruktur. Kemampuan teknis seperti matematika, bahasa pemrograman, serta pengetahuan bisnis, di sisi lain juga tidak kalah penting.

Dirinya percaya bahwa bidang teknologi merupakan bidang karir yang tidak memandang gender. Melainkan, kemampuan. “Tidak peduli perempuan atau laki-laki, kami di Tokopedia selalu diberikan ruang yang sama dalam berkarya untuk Indonesia melalui teknologi,” tutup Erika.

Baca juga,


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan