Amanda Surya, Salah Satu Engineer Wanita Google Asal Indonesia

0

Amanda Surya menjadi salah satu engineer asal Indonesia yang berkarier di Kantor Google. Dirinya saat ini merupakan Lead Technical Program Manager untuk Google Assistant.

Bekerja di Google merupakan salah satu dream job bagi semua orang. Pasalnya, Google merupakan salah satu perusahaan teknologi paling prestisius di dunia. Gaji tinggi, fasilitas mewah dan koneksi yang luas. Hmm, benar nggak, Paradiva?

Mengawali karier di bidang Teknologi sejak 2007, Amanda kini menjadi salah satu programmer perempuan google yang sukses. Kesuksesannya dilihat dari perannya dalam membantu meluncurkan banyak aplikasi yang kita pakai sehari-hari. Seperti, Google Apps, Google Maps, Nets dan Youtube.

Ia diangkat menjadi Lead Technical Program Manager untuk Google Assistant sejak 2018 hingga saat ini. Sebelumnya, ia pernah juga ditempatkan di Google Mountain View sejak tahun 2017.

Setelah lulus kuliah di Amerika Serikat, Amanda pernah bekerja sebagai software engineer untuk perusahaan besar seperti AT&T dan Bank of America. Perjalanan kariernya terpantau oleh perusahaan Google dan menwarkan posisi sebagai developer relations pada tahun 2007.

Amanda Surya juga mulai bekerja di perusahaan Google pada tahun tersebut dan menjadi bagian dari tim awal pembentuk Divisi Developer Relation di Google.

Dirinya menjadi salah satu dari 50 orang Indonesia yang bekerja di pusat Google. Namun, keahliannya sebagai engineer memang tidak diragukan lagi. Mengingat Google cukup ketat dalam memilih karyawan.

Dilansir dari Kompas.com, Google sempat menerima 5.000 orang dari 2 juta pelamar. Artinya, kesempatan setiap pelamar hanya 1 berbanding 400.

Namun, Paradiva tidak perlu takut bermimpi untuk bekerja di Google, ya. Pasalnya, menurut Amanda, percaya diri merupakan kunci utamanya.

“Yang penting harus percaya diri. Jangan sampai berpikir karena dari Indonesia jadi kalah sama negara lain,” jelas Amanda.

Baca juga, Mengenal Erika Hutapea Data Analyst Tokopedia


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan