Tuesday, 18 May 2021
More

    Latest Posts


    Mengenal Priscilla Anais, Associate Vice President of Product Tokopedia

    Seperti yang kita ketahui, saat ini Tokopedia menjadi salah satu e-commerce Unicorn terbesar di Indonesia. Platform tersebut terus mengalami banyak perkembangan dalam segi produk. Nah, paradiva penasaran nggak sama otak di balik terbuatnya produk-produk digital Tokopedia ini? Simak, ya!

    Priscilla Anais menjadi sesosok beragamnya produk digital milik Tokopedia. Dirinya saat ini merupakan Associate Vice President of Product dalam startup tersebut.

    Dilansir dari IDN Times, kariernya di bidang teknologi bermula saat dirinya sedang melanjutkan jenjang pendidikan Magister di Harvard Bussiness School. Saat itu, Priscilla dan beberapa mahasiswa diundang oleh Wiliam Tanuwijaya selaku CEO sekaligus Co-Founder Tokopedia untuk sharing session dan makan malam.

    “Beliau mengundang beberapa murid dari sekolah kami untuk join makan malam. Dari situ, beliau sharing tentang visi dan misinya Tokopedia untuk pemerataan ekonomi di Indonesia secara digital. Aku tersentuh karena melihat Tokopedia bisa memberikan pekerjaan untuk begitu banyak merchant dan tertarik untuk bergabung dengan Tokopedia,” jelas Priscilla yang sempat mengaku bahwa dirinya tidak pernah terpikir untuk terjun dalam bidang tekonologi.

    Semenjak mengikuti sharing session tersebut, Priscilla tertarik dengan budaya kerja Tokopedia, yakni yang mengedepankan growth mindset, focus on consumer dan make it happen make it better. Dirinya merasa cocok dengan budaya kerja yang diterapkan oleh e-commerce tersebut.

    Setelah resmi diterima oleh Tokopedia pada 2018, dirinya tak langsung ditempatkan dalam divisi produk. Priscilla sempat diberikan kepercayaan untuk menjadi CEO Office Manager sekaligus Head of Corporate Communication di Tokopedia.

    Setelah itu, barulah dirinya dipercaya sebagai business and marketing leader untuk sisi penjualan. Dalam posisi tersebut, Priscilla memegang jabatan sebagai AVP Merchant Engagement yang mengurus bagian monetisasi merchant Tokopedia. Di sinilah, ia mulai mengenal produk sehingga dirinya mendapat lingkup kerja di bidang produk.

    “Awalnya cuman pegang produk di sisi penjual, tapi sedikit demi sedikit portofolio produkku bertumbuh. Sekarang pegang browsing Tokopedia dan sekarang juga aku bekerja untuk menciptakan inovasi produk dalam bidang konten. Jadi, supaya kalau ke Tokopedia, nggak cuma bisa belanja, tapi juga bisa menikmati video kami, bisa menikmati artikel dan melihat rekomendasi dari teman-teman lainnya,” jelas Priscilla yang dikutip dari wawancara eksklusif IDN Times.

    Kini, Priscilla menduduki posisi sebagai AVP Product. Mengemban tanggung jawab yang besar tentu saja dirinya dihadapkan dengan banyak rintangan. Terutama dalam hal teknis seperti computing dan machine learning.

    Mengatasi rintangan tersebut, Priscilla bercerita bahwa dirinya justru banyak belajar dan berdiskusi dengan tim engineering agar bisa satu bahasa dan bisa mengerti preskpektif mereka lebih baik lagi.

    “Karena kembali lagi, sebenarnya yang paling penting untuk product leader itu bukan untuk tahu semua yang engineer tahu. Tugas kita untuk menerjemahkan visi ktia menjadi inisiatif-inisiatif produk. Jadi keahlian yang dibutuhkan produk itu beda dengan engineering,” terangnya.

    Baca juga, Crystal Widjaja Mantan Head of Big Data Go-Jek Indonesia

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR