Wanita Dalam Meme “Disaster Girl” ini Jual Foto aslinya seharga $473.000

0
292

Paradiva pasti sudah tidak asing lagi dengan meme “Disaster Girl” kan? Sebuah meme dimana seorang anak kecil berdiri di depan bangunan terbakar sambil menyeringai jahat. Yap, perempuan yang berada di dalam meme tersebut menjual fotonya sekitar $473.000.

Zoë Roth yang sekarang berusia 21 tahun, menjadi viral di internet ketika ia berusaha menggambarkan dirinya berusia empat tahun berdiri di depan gedung yang terbakar. Dalam foto tersebut, dirinya menyeringai jahat.

Dilansir dari New York Times, gambar tersebut telah menjadi meme bagi siapapun yang berharap untuk menggambarkan adegan bencana atau tindakan nakal. Zoë menjualnya secara lelang pada hari Kamis sebagai token non-fungible (NFT) – sertifikat kepemilikan digital.

Pada bulan Januari 2005, Zoë Roth dan ayahnya Dave pergi untuk melihat luka bakar yang terkendali – api yang dengan sengaja mulai membersihkan sebuah properti – di lingkungan mereka di Mebane, North Carolina. Dave sendiri merupakan seorang fotografer amatir, mengambil foto putrinya yang sedang tersenyum nakal di depan kobaran api.

Zoë sendiri saat ini adalah seorang mahasiswa telah menjual memanya sebagai NFT untuk 180 Ethereum, suatu bentuk cryptocurrency, kepada seorang kolektor bernama @3FMusic.

NFT sendiri merupakan token digital unik, dienkripsi dengan tanda tangan aktris yang memverifikasi kepemilikannya dan dilampirkan secara permanen ke karya tersebut. Ini memungkinkan versi asli dari konten online populer, seperti meme viral dan tweet untuk dijual layaknya karya seni.

NFT ditandai dengan kode yang memungkinkan Zoë yang mengatakan bahwa mereka akan membagi keuntungan – untuk mempertahankan hak cipta dan menerima 10% keuntungan dari penjualan di masa depan.

Sejak pertama kali muncuk, meme tersebut telah menjadi miliknya sendiri. Meme-makers telah mengeditnya menjadi gambar bencana alam dan kecelakaan seperti Titanic. Dirinya merasa senang melihat versi fotonya.

“Kamu hanya membuatnya pas seperti yang kamu inginkan,”  katanya dilansir dari New York Times. “Saya senagn melihat mereka karena saya tidak pernah membuatnya sendiri, akan tetapi saya senang melihat betapa kreatifnya orang-orang itu.

Pasar hak kemepilikan atas seni digital melonjak tahun ini setelah beberapa penualan NFT bernilai jutaan dollar. Tanggal 19 Februari lalu, animasi GIF Nyan CAt. Diamana meme tersebut dijual seharga lebih dari $2,5 juta.

Zoë mengatakan dirinya akan menyumbangkan hasil dari penjualan untuk amal, serta menggunakannya untuk melunasi hutang kuliahnya.

Baca juga, TikTok Tunjuk Vanessa Pappas jadi COO Baru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here