Friday, 23 July 2021
More

    Latest Posts


    Nathania Sutedja, Sosok Wanita Dibalik Keberhasilan Fitur dan Produk Android Tokopedia

    Aplikasi Tokopedia saat ini menjadi salah satu platform e-commerce Unicorn terbesar di Indonesia. Sejalan dengan kemajuan dan tren teknologi saat ini, Tokopedia berhasil menghadirkan berbagai macam inovasi fitur dan produk Android untuk memudahkan para penggunanya.

    Nyatanya, keberhasilan inovasi yang dihadirkan Tokopedia tak luput dari peran sosok wanita dibaliknya. Salah satunya, Nathania Sutedja selaku Engineering Manager-Android Tokopedia.

    Penasaran, pengalaman sosok wanita inspiratif yang satu ini? Berikut hasil wawancara ekslusif GadgetDiva dibawah ini.

    Wanita Dibalik Keberhasilan Fitur dan Produk Android Tokopedia

    Saat ini Nathania Sutedja menjadi salah satu sosok dibalik suksesnya inovasi di platform Tokopedia, seperti Feed Revamp, Tochat, dan Tokopedia PLAY. Setiap harinya, Nathania berperan dalam mengawasi teknis operasional pada Tim Android Tokopedia.

    Selain itu, dirinya juga bekerja sama dengan Tim lain Tokopedia dan bertanggung jawab dalam merencanakan serta mengarahkan untuk memastikan keberhasilan fitur dan produk Android Tokopedia.

    Nathania Sutedja, Engineering Manager-Android Tokopedia

    Nathania sendiri mengawali karirnya sebagai lulusan Komputer Sains (IT) di Binus University pada tahun 2015 dan di tahun yang sama, dirinya pun mulai bergabung bersama Tokopedia.

    “Tahun 2015 dibulan April, saya akhirnya bergabung di Tokopedia. Tokopedia merupakan company pertama saya memulai karir setelah lulus kuliah hingga saat ini,” ujar Nathania yang sempat mengaku sejak duduk dibangku SMA, dirinya sudah tertarik berkecimpung di dunia teknologi.

    Mengawali karirnya sebagai Software Engineer di Tokopedia, Nathania menjadi satu-satunya wanita di Tim Android yang juga menjadi satu dari 10 orang pertama yang berhasil membuat aplikasi Android Tokopedia.

    Sejak awal, dirinya fokus untuk pengembangan fitur hingga akhirnya diangkat menjadi squad leader, dimana dirinya membimbing beberapa Tim Android Tokopedia.

    “Dan sekarang saya menjadi Engineering Manager di Tokopedia yang sudah memiliki 3 Tim. Saat ini saya mengolah fitur Transaksi, fitur Hotel, fitur User, dan fitur Chat dan hingga sekarang Tokopedia mempunyai berbagai aplikasi baru, seperti Aplikasi Mitra Tokopedia, Aplikasi Sobat Tokopedia,” sambungnya. Tidak hanya itu, saat ini Nathania juga dipercaya untuk ikut serta dalam beberapa pengembangan fitur di Tokopedia, seperti Feed Revamp, Tochat, dan Tokopedia PLAY.

    Perkembangan SDM Wanita Indonesia di Bidang Teknologi

    Dalam sektor ketenagakerjaan dibidang teknologi atau IT sering kali mendominasi peranan pekerja laki-laki, namun tak sedikit wanita juga turut hadir di dalamnya. Meski SDM wanita Indonesia sering kali dipandang sebelah mata, Nathania membuktikan bahwa peranan wanita tak kalah penting khususnya di bidang teknologi.

    “Di Tokopedia sendiri, tidak ada yang dibedakan antara laki-laki dan perempuan. kerja ya kerja, baik wanita maupun laki-laki diberi kesempatan yang sama dan juga diberi tanggung jawab yang sama. Jadi, rasa ketakutan yang saya rasakan pertama kali bisa dibilang tidak ada lagi.”

    Menurut Nathania, para wanita yang memang suka dibidang teknologi, tidak perlu takut untuk mengejar mimpi-mimpi yang mereka inginkan.

    “Untuk perkembangan SDM wanita dibidang teknologi di Indonesia sendiri sudah banyak di dukung seperti Google, bahkan Tokopedia pun sudah mendukung SDM wanita Indonesia di bidang teknologi,” ujarnya.

    Nathania melanjutkan bahwa di Tokopedia sendiri, dirinya merasa sangat di dukung karena banyak sekali program-program yang membantu wanita terutama dibidang teknologi untuk tampil.

    Salah satu contohnya, Tokopedia menghadirkan “Start Women in Tech” yang merupakan langkah awal untuk menggerakkan seluruh wanita agar bisa terus berkarya, mengembangkan industri teknologi, serta berinovasi untuk memajukan bangsa.

    “Start Women in Tech” sendiri memiliki beberapa program, seperti Panel Discussion yang menghadirkan sosok pemimpin perempuan inspiratif. Selanjutnya ada Keynote Talk, dimana para wanita ahli tech akan memberikan topik seperti teknologi yang mereka pakai, data, serta produk. Nathania pun sempat bergabung di dalamnya dengan membawakan topik tentang Android.

    Terakhir, ada Networking Rooms, dimana audiens yang datang bisa memberikan pertanyaan dan para narasumber dapat berbagi ide, pengalaman, hingga cerita di season ini.

    Tidak hanya itu, dalam mengembangkan SDM wanita Indonesia Tokopedia juga berkerjasama strategi dengan universitas Atmajaya dan join workshop dengan Telkom University.

    “Tokopedia juga menghadirkan teknologi workshop, data workshop, dan mungkin suatu saat Tokopedia akan memiliki produk khusus dan juga memiliki kemitraan dengan komunitas IT kedepannya,” tambah Nathania.

    Nathania Sutedja, Engineering Manager-Android Tokopedia

    Tak ketinggalan, wanita yang memiliki hobi bermain game ini juga membagikan tips untuk para wanita yang ingin mulai berkarir dibidang teknologi.

    “Pertama, jangan takut. Jangan minder dulu. Setelah bergabung dengan bidang teknologi ini semua akan dianggap sama. Karena yang terpenting dalam bidang teknologi itu hanya dua hal, yaitu hardskill dan softskill, dan mungkin ini juga dibutuhkan dibidang lain,” tutup Nathania.

    Baca juga, Mengenal Priscilla Anais, Associate Vice President of Product Tokopedia

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR