Gadis 10 Tahun Jadi Programmer Cilik, Setahun Hasilkan Rp531 Juta

0
samaira mehta

Diva says – Seorang gadis berusia 10 tahun bernama Samaira Mehta telah mampu menarik perhatian para petinggi teknologi di SIlicon Valley. Dia ternyata memang lahir dan dibesarkan di wilayah tersebut sampai akhirnya bisa menjadi seorang coder atau programmer.

Keahliannya mengembangkan program komputer atau aplikasi membuat petinggi Google dan Microsoft kagum. Dia membangun sebuah board game (papan permainan) bernama CoderBunnyz)., yang akan membantuk banyak anak-anak untuk belajar coding.

Dikutip melalui situs Business Insider, kisah Mehta berawal ketika berusia delapan tahun. Ia menciptakan CoderBunnyz, yang diperoleh dari bakat coding yang dimilikinya sejak berumur enam tahun.

Samaira mehta

Mehta tampil di beberapa siaran berita dan mulai menjual permainannya di Amazon,
“Kami telah menjual seribu kotak, artinya lebih dari US$35 ribu (sekitar Rp531 juta) dan itu baru dijual sekitar satu tahun,” ujarnya.

Pada awal tahun ajaran, ada 106 sekolah menggunakan permainan ciptaan Mehta.

“Di dunia ada 1 miliar lebih anak-anak. Ada orang yang bersedia menyumbangkan kotak Coder Bunnyz ke sekolah, dan kepada orang-orang yang membutuhkan di seluruh dunia, yang ingin belajar coding,” katanya.

Mehta baru saja meluncurkan sekuel, permainan yang mengajarkan anak-anak cara membuat kode menggunakan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Game ini dinamakan CoderMindz dan dia menyebutnya sebagai papan permainan AI pertama.

Seperti CoderBunnyz, anak-anak akan belajar prinsip dasar AI. Konsepnya seperti melatih model AI, inferensi, dan pembelajaran adaptif. Akhirnya, mereka dapat menggunakan keterampilan itu untuk membangun robot. Dia mengembangkan CoderMindz bersama adik laki-lakinya, Aadit, yang berusia enam tahun.

Uang dari hasil bisnisnya itu digunakan untuk membuat lebih banyak game CoderBunnyz dan game AI terbaru. Tidak hanya itu, Ia juga turut berdonasi untuk orang yang tidak mampu. Berkat keahlian Mehta, Google dan Microsoft bahkan menawarkan akan merekrutnya saat dewasa nanti.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan