Wanita Ilmuwan Vaksin Covid-19 Diubah Jadi Boneka Barbie

0
258

Mattel, perusahaan pembuat boneka Barbie baru saja menambah koleksi terbarunya di bidang sains, teknologi, teknik dan matematika (Stem). Kali ini, Mattel menghadirkan koleksi untuk Sarah Gilbert, perempuan di balik vaksin AstraZeneca.

Dilansir dari BBC, Sarah menyatakan bahwa awalnya ia merasa aneh setelah melihat dirinya dalam koleksi boneka Barbie. Namun, ia juga berharap bonekanya tersebut akan menginspirasi anak-anak.

Sumber Foto: The Economic Times

“Harapanku adalah boneka ini bisa menunjukkan kepada anak-anak karir yang mungkin tidak mereka sadari, seperti ahli vaksin,” katanya.

Koleksi barbie Salah Girlbert merupakan satu dari enam koleksi lainnya untuk menghormati wanita yang bekerja di bidang sains, teknologi, teknik dan matematika (Stem). Koleksi lainnya termasuk seorang petugas medis Australia yang membantu membuat gaun yang dapat digunakan kembali untuk petugas kesehatan dan seorang peneliti biomedis Brazil.

Sumber Foto: Marie Claire

Dalam beberapa tahun terakhir, Mattel telah menanggapi kritik bahwa boneka Barbie-nya telah memberikan citra kewanitaan yang tidak realistis. Kini, boneka tersebut menawarkan beragam tema karir seperti pemadam kebakaran, dokter dan astronot dalam berbagai warna kulit. Berbeda dari boneka pirang yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1959.

Penjualan boneka Barbie pun naik ke level tertinggi enam tahun lalu. Hal ini dikarenakan pandemi membuat orang tua membeli mainan untuk anak-anak mereka.

Sumber Foto: aljazeera

Siapakah Sarah Gilbert?

Dame Sarah Gilbert adalah seorang ahli vaksin asal Inggris. Dirinya diakui dengan kehoramatan dalam Penghargaan Ulang Tahun Ratu dan mulai merancang vaksin virus Corona pada awal tahun 2020. Tepatnya ketika COVID pertama kali ditemukan di China.

Sumber Foto: The Guardian

Vaksin yang ditemukannya bernama AstraZeneca ini menjadi vaksin yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Dengan dosis dikirim ke lebih dari 170 negara.

“Aku bersemangat untuk menginspirasi generasi perempuan berikutnya ke dalam karir Stem dan berharap anak-anak yang melihat Barbie aku akan menyadari betapa pentingnya karier dalam bidang sains untuk membantu dunia di sekitar kita,” kata Dame Sarah.

Baca juga, Deretan Kasus Seleb Yang Bocor Karena Close Friend

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here