Pelantun “Boneka dari India”, Ellya Khadam Berulang Tahun ke-93

0
218
Ellya Khadam
Foto: Google

Google Doodle peringati hari ulang tahun pedangdut asal Indonesia Ellya Khadam yang ke-93 tahun. Pelantun lagu “Boneka dari India” tersebut berulang tahun hari ini, Sabtu (23/10).

Dilansir dari Google, Doodle Ellya Khadam diilustrasikan oleh Fatchurofi Muhammad asal Semarang. Dalam ilustrasi bernuansa merah mudanya tersebut, Ellya terlihat memegang microphone lengkap dengan sari merah muda.

Lahir pada 23 Oktober 1928, Ellya sendiri merupakan penyanyi, penulis lagu dan aktor kondang Indoensia pada masanya. Ellya sendiri dianggap sebagai pelopor dangdut yang memadukan tradisi musik lokal. Bersama dengan beragam gaya seperti musik rock-and-roll Barat dan film India.

Bernama asli Siti Alya Husnah ini, menghabiskan masa remajanya bertetangga dengan penyanyi gaya musik pop Malaysia yang dikenal sebagai Deli. Ia lalu mengembangkan bakat musiknya ini dengan meniru genre tersebut. Sehingga, memungkinkan dirinya untuk membuat nama untuk dirinya sendiri dengan bernyanyi di pesta pernikahan dan kemudian bergabung dengan pakaian musik lokal.

Di tahun 1950-an, Ellya Khadam terkenal sebagai penyanyi di Orkestra Melayu Kelana Ria selama tahun 1950-an. Sebuah kolektif musik yang mendapat banyak inspirasi dari budaya dan musik India.

Karier Ellya lalu mencapai puncaknya dengan merillis lagu hitnya di tahun 1956. Lagu yang diluncurkan adalah “Boneka dari India”. Paradiva pasti familiar deh dengan lagu itu!

Kini, “Boneka dari India” sendiri dianggap sebagai batu ujian genre dangdut. Melalui lagu tersebut, Ellya mengungkapkan cintanya pada adat India.

Tak hanya dengan menggunakan ritme tabla India dalam lagu-lagunya, namun juga dengan mengnekaan sari tradisional India dan mengenakan sindoor di dahinya.

Selain menjadi inspirasi generasi muda untuk mempopulerkan dangdut, Ellya juga membintanig lusinan film hingga akhir 1970-an. Kini, dangdgut menampilkan budaya bangsa dalam skala global sebagai salah satu gaya musik paling populer di Indonesia.

Dalam wawancara Google dengan ilustrator Doodle hari ini, Fatchurofi Muhammad, mengungkap alasannya membuat ilustrasi Ellya Khadam. Ia merasa sangat personal terhadap ilustrasi yang dibuatnya tersebut.

“Mengerjakan Doodle ini adalah nostalgia bagi saya. Saya tumbuh dengan mendengarkan radio sebagai sumber hiburan dan berita. Keluarga saya tidak memiliki televisi sampai saya berusia 9 tahun. Lagu-lagu Ellya pasti terdengar berulang-ulang akarena dia sangat populer, apalagi dengan judul “Boneka Cantik Dari India”. Jadi sekarang, mengerjakan Doodle ini dan mendengarkan lagi lagu-lagunya, memunculkan semua kenangan masa kecil saya,” ungkap Fatchurofi.

Selamat ulang tahun, Ellya Khadam. Terima kasih telah menginspirasi generasi muda untuk mengembangkan musik dangdut hingga hari ini!

Baca juga, Google Doodle Rayakan Hari Ulang Tahun Helena Modrzejewska

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here