Wang Yaping Jadi Astronot Wanita Pertama Cina yang Melakukan Spacewalk

0
131
Wang Yaping
Foto: US Post

Astronot Wang Yaping menjadi wanita pertama dari Cina yang melakukan spacewalk di luar angkasa. Ia melaporkan bahwa dirinya dalam kondisi baik saat berkomunikasi dengan kontrol darat.

Wang Yaping merupakan bagian dari anggota awak misi Shenzhou 13 China. Ia menjadi wanita pertama dari China yang melakukan spacekwalk pada Minggu (7/11) malam.

Menurut Wikipedia, spacewalk sendiri adalah kegiatan apapun yang dilakukan oleh seorang antariksawan di luar pesawat luang angkasa yang berada di luar atmosfer Bumi.

Dilansir dari India Today, para astronot dari misi Shenzhou-13 China ke modul stasiun ruang angkasa Tiangong Tianhe melakukan perjalanan ruang angkasa pertama mereka pada hari Minggu.

Wang Yaping, 41, mengambil bagian dalam kegiatan ekstravehicular pertama misi tersebut dengan komandan misi Zhai Zhigang.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh China Manned Space Program mengatakan, “Kru astronot Shenzhou-13 akan melakukan kegaiatan outing pertama mereka pada 7 November 2021 waktu Beijing. Astronot Zhai Zhigang dan Wang Yaping akan melakukan operasi ekstravehicular “Terbang” dan astronot Ye Guangfu akan bekerja sama dan mendukung di dalam kabin. Saat ini, kegiatan outbond sedang berlangsung dan diperkirakan akan berlangsung selama 6 jam.”

Berdasarkan laporan dari China Daily, Zhai membuka palka pada pukul 18:51 waktu Beijing dan pada pukul 20:28, Zhai dan Wang telah keluar dari stasiun luar angkasa Tiangong. Menjelang tengah malam, mereka telah memasang komponen baru pada lengan robot statisun luar angkasa dan menggunakannya untuk berlatih manuver di luar kendaraan dan operasi penyelamatan.

Shenzhou-13 yang berarti “Divine Vessel” dalam bahasa China. Kapal ini merupakan misi luar angkasa kedua Zhai dan Wang. Sekaligus, misi pertama Ye.

Menurut China Daily, Wang Yaping merupakan wanita dari China kedua yang terbang ke luar angkasa. Ia bergabung dengan Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat pada Agustus 1997. Dia menjabat sebagai wakil komandan skuadron sebelum bergabung dengan kelompok astronot kedua di Divisi Astronot PLA pada Mei 2010.

Pada Maret 2021, Wang termasuk di antara kru cadangan untuk misi Shenzhou-9. Pada Juni 2013, ia mengambil bagian dalam misi Shenzhou-10 yang berlangsung hampir 15 hari, menurut China Daily.

Baca juga: Ikuti Tips Foto Lansekap Ciamik ala Martha Suherman Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here