Hijab by Adinda Menangkan Super UMKM Lokal Go Global Shopee

0
291
Hijab by Adinda
Foto: Shopee

Hijab by Adinda mendapatkan Super UMKM Lokal Go Global dari Shopee Super Awards 2021. Lini pakaian muslim tersebut telah berhasil menembus pasar global bersama Shopee.

Noviana Adinda Putri, pemilik Hijab by Adinda, berbagi kisah terbentuknya lini pakaian muslim miliknya tersebut. Perempuan asal Semarang ini ternyata telah berbisnis sejak usia 16 tahun.

Awalnya Adinda mencoba peruntungan sebagai reseller berbagai macam produk lewat media sosial. Setelah tiga tahun, akhirnya ia memberanikan diri untuk membuat brand miliknya sendiri yang menjual berbagai produk hijab melalui ‘Hijab by Adinda’.

Hijab by Adinda
Foto: Shopee

Adinda memilih Shopee karena melihat potensi besar dari fitur dan promo unggulan yang dihadrikan. Contohnya, Gratis Ongkir yang dapat digunakannya untuk menjangkau pengguna lebih luas lagi di seluruh Indonesia.

Saat mengawali bisnisnya, Adinda mengalami kesulitan memutar modal dari omset yang didapatkannya belum signifikan. Terlebih ia melakukan semua prosesnya seorang diri.

Adinda memegang prinsip untuk menghindari hutang. Oleh karena itu, ia mencari cara agar bisa memanfaatkan platform Shopee dengan maksimal.

Salah satu upaya nya adalah dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang Shopee berikan melalui program Kampus Shopee. Perlahan, usahanya pun mulai berkembang bersama Shopee dan bisa menghasilkan pendapatan yang terus meningkat setiap tahunnya.

Kini, Hijab by Adinda telag menjangkau negara Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina, Hingga Brazil. Hasil ini ia dapatkan sejak bergabung dengan Program Ekspor Shopee pada tahun 2018, yang merupakan kesempatan pertama bagi Adinda untuk dapat menjangkau konsumen di luar negeri.

Bisnis milik Adinda terus berkembang. Adinda telah memiliki 3 gudang dan bisa mempekerjakan 50 karyawan yang kebanyakan merupakan warga sekitar tempat ia tinggal.

“Rasanya masih tidak percaya bisa berada di titik ini di usia saya yang menginjak 24 tahun. Awalnya usaha saya ini terbilang kecil, saya tidak memiliki karyawan dan untuk proses produksi pun masih menumpang di rumah orang tua. Namun dengan bergabung di Shopee serta berbagai dukungan yang diberikan, saya bisa membeli gudang pertama Hijab by Adinda di usia 19 tahun, dan juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar,” ujar Noviana Adinda Putri, pemilik Hijab by Adinda.

Pada puncak kampanye Shopee 12.12 di 12 Desember lalu, Hijab by Adinda mendapatkan 11 ribu pesanan dalam sehari. Sekaligus, menjadi pencapaian terbaru bagi bisnisnya.

Berbagai pencapaian yang Adinda raih bersama Shopee sepanjang tahun ini berhasil mengantarnya meraih penghargaan dan apresiasi dalam Shopee Super Awards 2021 sebagai pemenang Super UMKM Lokal Go Global.

Hijab by Adinda
Foto: Shopee

“Suatu kebangaan dan pencapaian yang luar biasa bagi saya dapat terpilih menjadi pemenang Super UMKM Lokal Go Global pada Shopee Super Awards 2021 ini, apalagi di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat untuk kategori produk pakaian muslim. Saat ini banyak penjual yang memasang harga produk sangat rendah untuk memikat pelanggan, namun mempertahankan ciri khas Hijab by Adinda lebih penting bagi saya, dimana keunggulan kami adalah harga yang kompetitif dengan kualitas produk terbaik. Tidak lupa, saya juga ingin mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu sejak berdirinya Hijab by Adinda, dan secara khusus kepada Shopee yang terus membantu pengusaha lokal untuk mengembangkan bisnis melalui berbagai fitur, program, dan pelatihan yang diberikan. Saya berharap agar pengusaha lokal dapat semakin berkembang bersama Shopee, dan nantinya dapat semakin bisa bersaing dan dikenal di pasar global,” Adinda menambahkan.

Baca juga: Dian Siswarini, CEO XL Axiata, Dapatkan Award TechDiva of The Year

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini