Christin Djuarto Berbagi Kisah Shopee Bantu Digitalisasi UMKM
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- Kamis, 30 Desember 2021 - 11:35 WIB
Christin Djuarto berbagi kisah Shopee bantu digitalisasi UMKM di Indonesia. Hingga kini, total penjual aktif di Shopee telah mencapai 5 juta yang didominasi oleh pelaku UMKM.
Beberapa waktu lalu, Christin Djuarto, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia diundang oleh Gita Wirjawan dalam Podcast EndGame. Dalam program tersebut, ia mengungkap bahwa Shopee telah berhasil membantu lebih dari 5 juta penjual aktif yang didominasi dari UMKM sejak 2018.
Christin Djuarto melihat potensi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk go digital masih luas. Meski angka 5 juta yang telah disebut tadi terlihat banyak.
Baca juga: ShopeePay Talk Bagikan Strategi Bisnis dengan Brand Purpose
Perempuan asal Medan ini juga berbagi pengalamannya saat berkeliling ke berbagai pasar di Indonesia. Christin menemukan para penjual banyak yang belum masuk ke dalam eksositem digital. Maka, Shopee berfokus untuk membantu mereka agar dapat terdigitalisasi.
Dari hasil ‘blusukannya’ tersebut, Christin melihat bahwa banyak pelaku UMKM di lapangan yang ingin bergabung dalam ekosistem digital namun ragu akibat tak mengetahui caranya.
“Makanya kita buat lebih banyak lagi pusat-pusat edukasi melalui Kampus UMKM Shopee, di kampus-kampus ini jadinya kita buat markas, mereka bisa dateng jadi ga ada alasan takut atau gatau mau nanya siapa. Disitu selain ada tim mendampingi, kita ada kelasnya juga yang kita ajarin dari hulu ke hilir,” jelasnya.
Digitalisasi UMKM ini membawa produk lokal agar dapat dijangkau oleh masyarakat yang lebih luas. Bahkan, hampir ke seluruh Indonesia dan mancanegara.
Salah satu program yang digalakkan oleh Shopee adalah membantu produk lokal untuk dapat merambah ke pasar internasional dengan kampus UMKM Shopee Ekspor. Di sana, para pelaku UMKM akan didampingi dan dibantu.
Mulai dari produksi, pemasaran, logistik hingga distribusi produknya ke luar negeri. Christin optimis bahwa dengan digitalisasi tersebut dapat membawa produk lokal go global.
Dengan semakin banyak produk Indonesia yang diekspor akan membantu menyeimbangkan neraca perdagangan Indonesia dalam hal ekspor-impor. Tentunya hal ini memberikan kontribusi terhadap perkembangan perekonomian Indonesia.
Berdasarkan rilis terakhir, Shopee hingga kini telah membantu lebih dari 180.000 UMKM lokal melakukan ekspor ke berbagai negara, dengan fesyen muslim sebagai produk UMKM yang paling laris di pasar dunia.
“Saya bisa membayangkan peran UMKM sudahbisa meningkatkan produksi, produktivitas ditopang dengan teknologi, ditopang dengan inklusi keuangan, mereka bisa melakukan ekspor bukan hanya ke ASEAN, tapi bisa sampai ke berbagai negara lain, termasuk Amerika Latin,” tutup Christin Djuarto.
Baca juga: Hijab by Adinda Menangkan Super UMKM Lokal Go Global Shopee
Artikel Terkait
EVOS Caramel, Female eSports Player of the Year DGA 2021
EVOS Caramel dinobatkan sebagai Female eSports Player of the Year dalam ajang Dunia Games Award 2..
- by Rysa Rusyfa
- 2 tahun lalu
- 3,250
Melania Trump Luncurkan Platform NFT
Melania Trump dikabarkan meluncurkan platform untuk menjual NFT. Peluncuran ini menjadi langkah p..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 tahun lalu
- 3,250
Dorong UMKM Perempuan, Sisternet Gelar Festival Webinar Pintar 2021
XL Axiata melalui Sisternet menggelar sebuah webinar bertajuk “Festival Webinar Pintar 2021..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 tahun lalu
- 3,250
Kenalin, Ayu! Hijabers yang Jago Benerin OPPO Kamu
Kulitnya hitam manis. Usianya mungkin masih 23 tahun. Namanya Ayu. Dengan memakai jilbab hijau da..
- by Redaksi
- 3 tahun lalu
- 3,250