Dong Dong, Perempuan Virtual Paling Ngerti Olimpiade Musim Dingin 2022

0
147
Dong Dong
Dong Dong, Alibaba Virtual Influencer

Gadgetdiva.id — Dong Dong. Namanya memang lucu kalau diucapkan oleh orang Indonesia. Tapi kalau melihat wajahnya, cantik bukan main. Sayangnya, dia tak bisa disentuh. Hanya bisa dilihat. Dan dia pintar memberikan informasi terkait dengan Olimpiade Musim Dingin yang diadakan di Beijing tahun ini.

Iya. Dong Dong memang influencer virtual. Fisiknya tidak ada melainkan hanya bentuk avatar saja yang dilengkapi dengan teknologi AI buatan Alibaba Damo Academy. Mengandalkan teknologi cloud, persona digital yang canggih ini diciptakan oleh Alibaba untuk berinteraksi dengan para penggemar, membawa inovasi berbasis cloud lebih dekat dengan para konsumen.

Dong Dong
Dong Dong, Alibaba Virtual Influencer

Dikembangkan oleh Alibaba DAMO Academy, inisiatif penelitian global Alibaba Group, Dong Dong diciptakan menyerupai perempuan berumur 22 tahun kelahiran Beijing yang penuh semangat, blak- blakan, dan menyukai olahraga musim dingin. Agar lebih terhubung dengan penggemar Olimpiade, terutama generasi muda yang cakap teknologi, Dong Dong dikenal akan fitur-fiturnya yang mirip manusia, kepribadiannya yang berkilau, serta keahliannya untuk berinteraksi dengan penonton dengan cara yang menarik.

Keahlian Dong Dong

Di antara berbagai bakatnya, Dong Dong tidak hanya akan mempromosikan merchandise Olimpiade yang dapat dibeli di toko Olimpiade resmi di Tiongkok dalam platform Tmall selama acara live streaming-nya, tapi ia juga mampu menjawab pertanyaan menggunakan suara manusia secara alami lengkap dengan penggunaan berbagai emosi, serta berbagai gestur tubuh mulai dari mengacungkan jempol hingga memeragakan gestur berbentuk hati dan menghapus air mata kekecewaan.

Baca juga: Sandra Lee, Perempuan yang Pimpin Kaspersky APAC

Selain itu, ia juga akan menampilkan acara bincang- bincang langsung untuk memperkenalkan fakta-fakta seru selama Olimpiade kepada penonton, serta memamerkan gerakan tariannya yang antusias dan ceria diiringi lagu bertema Olimpiade untuk menyemangati para peserta Olimpiade. Semua interaksi yang menarik ini didukung oleh teknologi digital berbasis cloud.

“Kami berambisi untuk menggunakan teknologi cloud yang mampu memberikan peningkatan digital pada Olimpiade Musim Dingin dan menghadirkan pengalaman Olimpiade Musim Dingin yang berkaitan dengan layanan platform cloud dan e-commerce kepada penggemar dengan cara yang lebih kreatif. Itulah alasan kami mengembangkan Dong Dong. Kami berharap, influencer virtual berbasis cloud ini dapat menciptakan interaksi yang lebih baik dengan generasi muda, melalui persona berbasis digital yang menarik dan alami,” kata Xiaolong Li, Leader of Alibaba Virtual Human & Intelligent Customer Service.

Untuk mewujudkan kepribadian Dong Dong yang dinamis, glamor, dan bersuara alami seperti layaknya manusia, Alibaba membuat model AI khusus berbasis cloud, dengan menggunakan Text to Speech untuk mensintesis suara manusia dan memanfaatkan teknologi berbasis 3D untuk menciptakan berbagai ekspresi wajah dan gerakan tubuh yang alami. Didukung oleh komputasi awan dan teknologi AI, Dong Dong dapat terlihat, berbicara, dan bertindak seperti seorang perempuan muda dengan kepribadian yang ceria. Sementara itu, algoritma multimodal Alibaba, yang memanfaatkan Natural Language Processing (NLP), Emotional Speech Synthesis, dan visi komputer di cloud, juga digunakan untuk membuat Dong Dong cukup ‘pintar’ mengambil bagian dalam dialog seperti layaknya manusia secara alami, melalui skrip yang sepenuhnya dihasilkan oleh teknologi cloud.

“Kedepannya, kami akan mendorong batasan- batasan teknologi lebih jauh lagi untuk menciptakan campuran realitas yang memikat. Persona digital atau influencer virtual akan menemukan cara baru untuk terlibat dengan audiens mereka melalui pengalaman mendalam atau pengaturan gaya metaverse, baik selama acara olahraga global berskala besar seperti Olimpiade, konferensi virtual, atau tur pameran 3D. Selain itu, mereka juga akan sangat terbantu dengan kemampuan praktisnya sebagai asisten reporter yang rajin, cerdas dan efisien,” tambah Li.

Teknologi kreatif lainnya yang dirancang untuk mendukung interaksi dengan penggemar Olimpiade juga telah diluncurkan selama Beijing 2022:

Menampilkan Teknologi Cloud

Dikembangkan oleh Komite Penyelenggara Beijing untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 (BOCOG) dan didukung oleh teknologi digital Alibaba, Beijing 2022 Cloud Showcasing, sebuah pameran virtual yang diluncurkan untuk memperkenalkan Mitra Olimpiade sekaligus kesempatan bagi para penggemar Olimpiade untuk memenangkan suvenir melalui gamifikasi dan lucky draw. Memanfaatkan pengetahuan Alibaba DAMO Academy di cloud, Alibaba juga meluncurkan Cloud Showcasing, pameran 3D virtual yang menyoroti perjalanan Alibaba sebagai mitra Olimpiade global, dengan teknologi cloud yang mendukung transformasi digital Olimpiade dan platform e-commerce yang inovatif yang menampilkan merchandise resmi Olimpiade.

Toko Olimpiade Cloud Resmi di Tmall

Sejak 100 hari sebelum Olimpiade Musim Dingin, platform e-commerce Alibaba Tmall telah menampilkan merchandise Beijing 2022 melalui teknologi cloud-shelf Alibaba di lebih dari 7.000 toko di seluruh China. Mulai dari kios-kios di toko, konsumen dapat membuat barang dagangan bertema Olimpiade mereka sendiri seperti T-shirt dan tas yang disesuaikan dengan preferensi mereka sendiri dan barang-barang pribadi akan dikirim ke rumah mereka dalam beberapa hari.

“Melalui rangkaian teknologi digital Alibaba, kami ingin memberikan pengalaman unik kepada penggemar olahraga – seinteraktif, semenarik, dan sepersonal mungkin – sehingga mereka dapat ikut merasakan kemeriahan Beijing 2022,” kata Chris Tung, Chief Marketing Officer at Alibaba Group. “Kami akan terus berinovasi dan menciptakan format interaksi baru, kami berharap dapat menerapkan teknologi ini ke pertandingan atau acara olahraga global lainnya di masa mendatang, sehingga konsumen di seluruh dunia dapat memperoleh manfaat dari inovasi berbasis cloud ini.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini