Google Doodle Rayakan Hari Perempuan Internasional 2022, Untuk Perempuan Sedunia

0
50
Hari Perempuan Internasional

Gadgetdiva.id — Hari Perempuan Internasional jatuh di setiap tanggal 8 Maret. Tahun ini, Google Doodle merayakannya dengan membuat tayangan animasi slideshow untuk perempuan sedunia.

Google Doodle memang selalu memeringati perayaan hari penting dengan membuatkan sebuah ilustrasi. Nah, kali ini bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional 2022, mereka membuat sebuah tayangan animasi slideshow yang menampilkan perempuan dengan berbagai profesi dan budaya.

Mulai dari seorang ibu rumah tangga, dokter, hingga montir sepedah motor yang mengajarkan keterampilan kepada generasi selanjutnya, semua diilustrasikan dengan apik. Sama dengan temanya, yakni merayakan Hari Perempuan Internasional 2022.

Ilustrasi Hari Perempuan Internasional 2022 tersebut terhubung oleh sebuah benang mereka yang menggambarkan bagaimana wanita tampil untuk diri mereka sendiri, keluarga dan komunitas. Guna mewakili para perempuan di seluruh dunia.

Baca juga: Felicia Kawilarang Chief Marketing Officer Baru Halodoc

Google Doodle Hari Perempuan Internasional 2022

Google Doodle Hari Perempuan Internasional 2022 yang dirayakan hari ini (8/3) diilustrasikan oleh seroang Doodle Art Director yang bernama Thoka Maer. Ia dan segenap tim yang juga didominasi oleh perempuan membuat doodle ini menjadi terasa nyata.

Hari Perempuan Internasional

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Google, Thoka Maer terinspirasi dari kehidupan wanita selama pandemi. Ia menyatakan bahwa beberapa tahun terakhir ini kehidupan menjadi begitu sulit terutama bagi perempuan.

“Kami biasanya merayakan wanita dan pencapaian luar biasa mereka di masa lalu maupun sekarang, serta menginspirasi gadis-gadis muda untuk bermimpi besar,” ujar Thoka.

Namun, menururt Thoka, realitas beberapa tahun terakhir ini telah memaksa perempuan untuk mengalihkan fokus mereka. Termasuk juga menyesuaikan prioritas dan berkorban untuk berada di sana bagi orang lain yang membutuhkan mereka.

Melalui Google Doodle yang dibuatnya ini, Thoka berharap wanita dapat merasa dilihat dan dihargai untuk semua yang mereka lakukan. Entah itu mencuci piring atau mempertahankan pekerjaan.

Hari Perempuan Internasional

“Aku sangat berharap wanita merasa dilihat dan dihargai untuk apapun yang mereka lakukan saat ini. Mulai dari bangun di pagi hari dan menjalani keseharian. Mencuci piring, mempertahankan pekerjaan atau melepaskannya, mengurus diri sendiri dan orang lain. Hal-hal yang sangat mendasar tersebut telah menjadi pekerjaan besar sejak awal pandemi,” tukas Thoka.

Thoka juga ingin semua wanita dapat memilih kehidupan yang ingin mereka jalani. Sekaligus, menerima semua rasa hormat yang layak mereka dapatkan. Entah itu menjadi seorang CEO atau pengemudi truk sekalipun.

“Aku ingin semua wanita dapat benar-benar memilih kehidupan yang ingin mereka jalani dan menerima semua rasa hormat yang layak mereka dapatkan. Seorang ibu yang tinggal di rumah membuat seluruh dunia untuk anak-anaknya. Seorang CEO membuat inovasi dan membuat karyawannya termotivasi dan bahagia. Seniman gelandangan menyenangkan orang asing dan menikmati kebebasannya. Mengemudi truk, memperjuangkan hak-hak perempuan, pergi ke sekolah, atau membuat makanan. Kita semua bangun di pagi hari dan kita semua memiliki tujuan, besar atau kecil. Itu semua penting,” jelas Thoka.

Hari Perempuan Internasional 2022

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Hari Perempuan Internasional 2022 kali ini dirayakan pada tanggal 8 Maret 2022. Tepatnya hari ini.

Hari ini dirayakan untuk memberi apresiasi kepada perempuan atas pencapaian sosial, ekonomi, budaya dan politik yang dicapai mereka. Yakni, semua perempuan di dunia.

Hari Perempuan Internasional pertama kali dirayakan di Austria, Denmark, Jerman dan Swiss pada 19 Maret 1911. Lalu, diperingatkan oleh PBB pertama kalinya pada tahun 1975.

Hari Perempuan Internasional Hari Perempuan Internasional

Setiap tahunnya, Hari Perempuan Internasional memiliki tema yang berbeda-beda. Tahun ini, mengangkat tema “Kesetaraan Gender untuk masa depan yang berkelanjutan”.

Menurut UN Women, kesetaraan gender yang dimaksudkan di sini adalah dalam konteks perubahan iklim dan pengurangan risiko lingkungan. Termasuk juga bencana alam yang menjadi tantangan global terbesar di abad ke-21 ini.

“Tanpa kesetaraan gender hari ini, masa depan yang berkelanjutan, dan masa depan yang setara, tetap berada di luar jangkauan kita,” tulis UN Women dalam sebuah postingan blog.

UN Women juga mengungkap bahwa peringatan Hari Perempuan Internasional 2022 ini merupakan pengakuan dan perayaan para perempuan dan akan perempuan yang mempimpin tugas adaptasi dan respons perubahan iklim. Sekaligus, menghormati kepemimpinan dan kontribusi mereka menuju masa depan yang berkelanjutan.

Baca juga: Tasia Eda Bagi Wejangan Jadi Pro Player E-Sport 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini