Kenalan sama Emmanuelle Elizabeth, Mahasiswi ITB yang Jadi Ilustrator “Turning Red”

0
125
Emmanuelle Elizabeth
Foto: Instagram/@emmanuelle.elizabeth

Gadgetdiva.id — Emmanuelle Elizabeth, mahasiswi ITB (Institut Teknologi Bandung) angkatan 2020 jadi salah satu illustrator untuk film Turning Red bestuan Disney. Paradiva udah nonton filmnya belum?

Selasa (29/3) lalu, akun media sosial resmi Turning Red menggunggah sebuah ilustrasi poster film mereka di Instagram dan Twitter. Diketahui ilustrasi tersebut dibuat oleh Emmanuelle Elizabeth berkat kredit yang diberikan oleh Disney pada bagian deskripsi unggahan media sosial mereka.

Poster yang diilustrasikan oleh Emmanuelle Elizabeth sendiri memiliki nuansa yang berbeda. Lebih nampak seperti gambar tangan meski tetap memiliki warna yang ceria dan menenangkan. Apalagi, ilustrasi setiap karakternya nampak lebih menggemaskan.

Keren banget kan Paradiva? Nah, udah saatnya nih kamu mesti kenalan sama Emmanuelle Elizabeth si perempuan keren dari ITB ini. Simak ulasannya, ya!

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Pixar Turning Red (@pixarturningred)

Emmanuelle Elizabeth Gemar Nonton Film Disney

Emmanuelle Elizabeth atau yang akrab disapa Emma adalah seorang mahasiswi ITB (Institut Teknologi Bandung) angkatan 2020. Dirinya kini mengemban pendidikan dalam program studi Desain Komunikasi Visual pada Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD).

Emmanuelle Elizabeth
Foto: Instagram/@emmanuelle.elizabeth

Jauh sebelum dirinya direkrut sebagai ilustrator untuk Turning Red oleh Disney dan Pixar, Emma memang gemar menonton berbagai film besutan perusahaan animasi tersebut. Selain mendapat inspirasi, Emma juga merasa mendapat semangat dari film yang ditontonnya.

“Salah satunya emang yang paling menginsipirasi aku itu film-film Disney yang udah jadi kesenanganku sejak kecil. Entah kenapa aku selalu merasa semangat hidup banget tiap abis nonton film Disney,” pungkas Emma yang dikutip dari salah satu artikel dalam laman website resmi ITB.

Merasa Terkoneksi dengan Film Turning Red

Kegemarannya dengan film-film Disney, ternyata tertuang pula dalam ilustrasi yang dibuat oleh Emma. Ilustrasi Emma memiliki gayanya sendiri yang khas dan ceria.

Hingga membuahkan hasil yang tak ia duga. Tim Disney mengajaknya untuk membuat ilustrasi poster dari film Turning Red.

Emmanuelle Elizabeth

Saat mendapatkan permintaan tersebut, Emma mengaku senang dan antusias. Pasalnya, ia memang merasa terkoneksi dengan film tersebut. Sehingga, terasa lebih personal.

“Saat aku tau Disney minta aku untuk mengilustrasikan poster dari film Turning Red, aku sangat senang dan excited karena aku pribadi merasa sangat terhubung dengan filmnya,” cerita Emma.

Emma juga mengaku bahwa dirinya merasa terkoneksi dengan tokoh utama film tersebut. Sebagai Chinese Asian, tambah Emma, dirinya sangat menyukai film tersebut.

“Aku sangat menyukai film ini karena Pixar Turning Red mengangkat cerita yang sangat relatable berhubungan dengan penerimaan diri, persahabatan dan hal-hal yang kita semua alami saat menginjak usia remaja,” tambahnya.

Ingin Tonjolkan Budaya Oriental dalam Poster

Saat proses pembuatan poster, Emmanuelle Elizabeth ingin menunjukkan budaya oriental yang kental pada posternya. Salah satunya dari gambar atap temple dan ukiran panda merah sebagai border pada posertnya.

Ia juga membeberkan proses pembuatan poster. Dimana untuk membuat poster tersebut dirinya melalui beberapa tahapan. Dimulai dari berusaha mencerna cerita sehingga dapat dituangkannya dalam ilustrasi film tersebut.

Emmanuelle Elizabeth
Ilustrasi poster Turning Red Emmanuelle Elizabeth. Foto: Instagram/@emmanuelle.elizabeth

“Aku juga banyak mencari tahu tentang audiesnya untuk siapa, apa keunikan dari film ini dan apa hal yang menarik dari film ini menurut pandangan mataku sebagai ilustrator,” jelas Emmanuelle.

Emmanuelle Elizabeth juga mengaku bahwa tantangan teberat dalam membuat poster ini saat mencari ide dan sketsa. Namun, ia dapat menanganinya dengan baik.

Pihak Disney pun cukup kooperatif. Menurut Emma, tim Disney memberi tenggat waktu yang pas dan tahap tinjauan yang sistematis dalam pembuatan poster. Sehingga, ia merasa terarah dan tentunya menikmati setiap proses pengerjaan.

“Biasanya sih aku coba untuk ngumpulin mood ku dulu dan coba bikin poin-poin untuk memperjelas apa yang ingin aku sampaikan dalam posternya,” tutup Emmanuelle Elizabeth.

Film Turning Red Besutan Sutradara Perempuan Asia

Film Turning Red sendiri bercerita seputar kehidupan anak remaja yang berada dalam fase pencarian jati diri dan persahabatan. Seorang remaja perempuan berusia 13 tahun bernama Mei adalah keturunan Cina-Kanada. Ia diharuskan menjadi anak yang berbakti kepada orangtuanya, namun juga memiliki keinginan untuk hidup bebas.

Emmanuelle Elizabeth

Film Turning Red sendiri merupakan besutan sutradara perempuan keturunan Asia, Domee Shi. Dimana menjadi debutnya Shi sebagai sutradara. Tak hanya digarap oleh sutradara perempuan, Turning Red juga diisi oleh deretan pengisi suara berdarah Asia.

Kini, salah satu ilustrator poster filmnya juga merupakan seorang perempuan asal Indonesia, Emmanuelle Elizabeth. Nah, buat Paradiva yang ingin melihat karya-karya garapan Emma, kamu bisa kepoin di akun Instagramnya @emmanuelle.elizabeth.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini