14 Tahun di Facebook, Sheryl Sandberg Mundur Ingin ke Politik?

0
72
sheryl sandberg
COO Facebook, Sheryl Sandberga

Gadgetdiva.id — Sheryl Sandberg, tangan kanan dan orang kepercayaan Mark Zuckerberg di Facebook akhirnya memutuskan untuk mundur dari perusahaan yang telah membesarkan namanya itu selama 14 tahun. Kabarnya Sheryl ingin terjun ke ranah politik.

“Ketika saya menerima pekerjaan ini 2008 lalu, saya berharap hanya akan bertahan lima tahun. Empat belas tahun kemudian, inilah saatnya bagi saya untuk menulis bab berikutnya dalam hidup saya. Saya tidak sepenuhnya yakin apa yang akan terjadi di masa depan, dan sepertinya tidak ada seorang pun yang tahu arah masa depan mereka,” ujar Sheryl.

sheryl sandberg

Sheryl Sandberg mengungkapkan hal ini dalam postingan di akun Facebooknya. Dia mengatakan akan segera meninggalkan jabatannya sebagai COO Meta, perusahaan induk Facebook. Usai mundur, posisinya dipastikan akan diduduki oleh Chief Growth Officer Meta and VP of Cross-Meta Products and Infrastructure, Javier Olivan.

Penunjukkan Olivan sebagai pengganti Sheryl juga sudah mendapat restu dari Mark Zuckerberg. Dalam postingan di akun resminya, Mark memastikan hal ini. Sebagai COO, Olivan akan memimpin produk bisnis dan iklan terintegrasi di Meta. Dia juga akan tetap mempertahankan posisi lamanya mengurus tim growth, infrastruktur, integritas, analitik, pasar dan pengembangan perusahaan.

Sheryl Sandberg

“Olivan akan lebih memiliki peran tradisional COO ketimbang Sandberg. Dia akan fokus secara internal dan operasional,” kata Mark, seperti dikutip dari ZDnet.com.

“Saya pikir, Meta telah mencapai titik dimana produk dan bisnis grup kami bisa lebih terintegrasi daripada memiliki semua fungsi bisnis dan operasi yang diatur secara terpisah,” kata Mark.

Sheryl Sandberg dan Facebook

Sheryl Sandberg sendiri sejatinya merupakan orang kedua yang bergabung di Facebook setelah Mark Zuckerberg pada tahun2008.

Setelah meninggalkan perusahaan, Sandberg mengaku berencana untuk lebih fokus pada yayasan dan pekerjaan filantropisnya. Namun ada juga rumor yang mengatakan bahwa dirinya akan mulai terjun ke ranah politik.

“Saya masih sangat percaya pada misi kami, dan saya merasa terhormat bahwa saya akan terus melayani di dewan direksi Meta,” tambahnya.

Dalam postingnya, Zuckerberg mengakui dampak besar Sandberg pada perusahaan. Padahal menurut Mark, pada tahun 2008, dia belum menguasai Facebook sepenuhnya.

“Kami telah membangun produk yang hebat — situs web Facebook — tetapi kami belum memiliki bisnis yang menguntungkan dan kami berjuang untuk bertransisi dari perusahaan rintisan kecil ke organisasi nyata,” tulisnya.

“Sheryl merancang bisnis periklanan kami, mempekerjakan orang-orang hebat, membentuk budaya manajemen kami, dan mengajari saya cara menjalankan perusahaan,” tutup Mark Zuckerberg.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini