Kisah Pingkan Kirana Chandranita, Tetap Tampil Cantik di Jurusan Teknik

0
96

Jurusan Teknik memang identik dengan pria, banyak yang sering beranggapan bahwa jurusan teknik hanya cocok untuk pria. Hal tersebut tidak berpengaruh bagi mahasiswi cantik bernama Pingkan Kirana Chandra. Pingkan merupakan mahasiswi tahun pertama jurusan Mechanical Engineering and Robotics di President University, sekaligus seorang Intern di sebuah perusahaan digital yang bergerak di bidang edukasi bernama Produktifkuy.

Saya merupakan lulusan SMAN 1 Cibinong di jurusan MIPA, sehingga tidak heran ranah Jurusan Teknik menjadi salah satu ranah incaran saya ketika mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan,” ujar Pingkan. Pingkan mengaku tetap tampil cantik dalam kesehariannya meski dirinya kuliah yang identik dengan dunia laki-laki.

Sebagai seorang perempuan, tentunya banyak orang yang heran dengan pilihan yang dia ambil. Banyak orang yang bertanya kenapa ia mengambil jurusan mesin, pertanyaan tersebut sudah menjadi tabu, dan bahkan sudah seperti makanan sehari-hari pada awal perkuliahan.

Pingkan mengaku bahwa orang tuanya tidak langsung setuju dengan keputusan dia masuk jurusan teknik. “Namun niat saya yang kuat berhasil meruntuhkan keraguan orang tua saya, sehingga beliau mengizinkan saya untuk masuk ke jurusan ini,” ujarnya.

Alasan Pingkan untuk masuk jurusan teknik yaitu karena prospek kerja jurusan yang bagus mengingat semakin majunya zaman cenderung mengandalkan mesin dan program untuk menyelesaikan tugas-tugas berulang yang membosankan sehingga manusia dapat lebih fokus dengan pekerjaan yang membutuhkan kreativitas.

“Alasan kuat lainnya bagi saya yaitu tentang betapa menariknya materi yang diajarkan kepada para mahasiswanya. Selain mempelajari tentang ilmu MIPA, di President University kami bahkan mendapatkan kesempatan untuk sekaligus belajar tentang Coding,” tambahnya.

Namun semakin lama ia menekuni bidang ini, Pingkan menyadari adanya miskonsepsi tentang Jurusan Teknik Mesin yang dibayangkan oleh masyarakat dengan aslinya. Seperti yang kita tahu, bahwa dalam Bahasa Inggris, Teknik Mesin disebut sebagai Mechanical Engineering, atau arti harfiahnya adalah Teknik Mekanika.

Pertanyaan tentang yakin atau tidaknya ketika Pingkan memilih President University pastinya pernah dilontarkan oleh orang-orang. Namun semakin lama ia berkuliah disana, Pingkan menjadi lebih yakin dan bersyukur memilih President University dan bukan kampus-kampus lain.

“Menurut saya, keuntungan dan kesempatan seperti ini belum tentu bisa saya dapatkan jika saya berada di universitas lainnya,” tutup Pingkan.

Baca juga : Kenalan dengan Faizah Ulyannisa, Mahasiswi Cantik yang Tertarik Dunia Robotik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini