Lagu Rhythm Nation Milik Janet Jackson Bisa Bikin Laptop Mogok?

0
33
Janet Jackson

Gagdetdiva.id — Janet Jackson sempat merilis lagu Rhytm Nation pada tahun 1989 yang menjadi hits-nya. Menariknya, sebuah penemuan menyatakan saat lagu tersebut dimainkan pada laptop tertentu berpotensi membuat perangkat itu mogok. Benar kah?

Ditemukan oleh Raymond Chen, pengembang Microsoft dalam sebuah postingan blognya, produsen komputer besar yang tidak disebut namanya menemukan lagu Rhytm Nation milik Janet Jakson merusak laptopnya. Bahkan, ikut merusak laptop yang berada di sekitarnya.

Janet Jackson

“Kemudian mereka menemukan sesuatu yang sangat aneh, (saat) memutar video musik di satu laptop menyebabkan laptop yang berada di dekatnya mogok. Meskipun laptop lain itu tidak memutar video!” tulisnya.

Chen juga menambahkan bahwa satu penemuan selama penyelidikan menyatakan bahwa saat memutar video musik Janet Jackson tersebut juga dapat membuat beberapa laptop pesaing mereka rusak.

Baca juga: Co-Founder Pluang Bicara Tentang Keterlibatan Perempuan dalam Fintech

Frekuensi dalam lagu Rhytm Nation miik Janet Jackson jadi penyebabnya

Chen membeberkan alasan mengapa lagu milik Janet Jackson ini dapat menyebabkan laptop mogok. Rupanya, lagu Rhytm Nation berisi salah satu “frekuensi resonansi alami” yang digunakan oleh hard drive laptop tersebut — dan mendengar frekuensi yang sama cukup mengacakupannya hingga crash.

Penjelasan Chen tidak merinci hard drive mana, hanya saja ia menyatakan mereka beroperasi pada 5.400 RPM atau merek dan model laptop mana yang menggunakannya. Dirinya juga turut memberi informasi terkait pabrikan dalam memperbaiki masalah tersebut.

Dimana dalam perbaikannya, pabrikan akan menambahkan filter audio khusus yang mendeteksi frekuensi dan menghapusnya dari suara apapun yang dipancarkan dari speaker.

Kendati demikian, Chen tidak memberi bukti lain terkait fenomena yang terjadi ini. Meskipun kerentanan diberikan ID CVE oleh The Mitre Corporation of CVE-2022-38392, itu hanya menautkan kembali ke posting blog Chen sebagai sumber.

Jika kerentanan memang ada, akan sulit untuk meniru sekarang, kecuali jika kamu pergi berburu hard drive laptop sekitar tahun 2005 untuk menyanyikan lagu Rhytm Nation.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini