Mengenal Anna Mani, Perintis Ilmuwan Asal India yang Sempat Dirayakan Google Doodle

0
21
Anna Mani

Gadgetdiva.id — Google Doodle edisi 23 Agustus kemarin mengenalkan Anna Mani kepada dunia. Dirinya merupakan ahli meteorologi yang punya peran penting dalam membuat India mandiri di bidang instrumen pengamatan cuaca.

Merupakan perintis ilmuwan asal India, Anna Mani merupakan seorang ahli fisikawan dan meteorologi India yang diberikan banyak kontribusi berharga untuk desain instrumen pengamatan cuaca, memainkan peran penting dalam membuat India mandiri saat mengukur aspek cuaca.

Dirinya juga merupakan seorang advokat awal untuk memanfaatkan tenaga surya dan angin sebagai sumber energi alternatif. Terutama dalam meramalkan manfaat yang mereka janjikan untuk negaranya.

Dalam menghormati kontribusinya terhadap Sains, Google Doodle merayakan pada hari ulang tahunnya pada Selasa (23/8) kemarin. Perayaan ulang tahunnya yang ke-104.

Anna Mani sendiri lahir pada 23 Agustus 1918 di Peermade, sebuah desa di negara bagian Kerala, India. Dirinya merupakan anak ketujuh dari delapan bersaudara, Mani menikmati pendidikan kelas atas di masa ketika pria ini dipersiapkan untuk karir profesional dan wanita dipersiapkan untuk kehidupan rumah tangganya.

Memiliki banyak ketertarikan, Mani merupakan seorang pembaca yang rakus. Dirinya menyatakan telah membaca hampir semua buku di perpustakaan umum setempat.

Tepat di hari ulang tahunnya ke delapan, dirinya diberikan koleksi Ecyclopedia Britannica lengkap dengna anting-anting berlian dari keluarganya.

Setelah mendapatkan gelar sarjana dalam bidang kimia dan fisika pada tahun 1939, Anna Mani menjadi seorang penulis lima makalah tentang spektroskopi berlian dan rubi. Namun dirinya ditolak Ph.D, sebab dirinya tidak mendapat gelar master.

Pada tahun 1945, Anna Mani mendapat beasiswa untuk belajar di Inggris. Bidang yang ia pelajari adalah meteorologi dan instrumen yang diperlukan untuk mengukur perubahan cuaca.

Tiga tahun kemudian, dia kembali ke India untuk bekerja di Departemen Meteorologi India. Dimana dirinya membantu negara tersebut dalam memproduksi instrumen pemantau cuacanya sendiri.

Pada tahun 1953, ia memimpin divisi dalam menyederhanakan desain dan produksi lebih dari 100 instrumen cuaca. Sekitar tahun tersebut pula, dirinya mendirikan jaringan stasiun pemantauan radiasi matahari di seluruh India dalam sebuah proyek energi surya di masa depan.

Anna Mani juga membuat bengkel untuk instrumen yang mengukur kecepatan angin dan radiasi matahari. Ketertarikannya untuk mempelajari ozon — gas yang melindungi kehidupan di Bumi dari radiasi ultraviolet yang berbahaya — menyebabkan terciptanya onzonesonde, instrumen yang dibawa balon untuk mengukur tingkat ozon.

Mani sendiri akan terus bekerja untuk pemerintah India. Dirinya menjabat sebagai wakil direktur jenderal Departemen Meteorologi India sampai pensiun pada tahun 1976. Dirinya meninggal di tahun 2001 pada usia 82 tahun.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini