Bakal Lengser, Chief Privacy Officer Apple Banting Setir ke Dunia Hukum

0
25
Chief Privacy Officer Apple
Foto: Bloomberg

Gadgetdiva.id — Jane Hovarth, Chief Privacy Officer Apple dikabarkan bakal segera lengser dari jabatannya untuk banting setir ke dunia hukum. Kabar tersebut tersebar pada Rabu (31/8).

Melalui sebuah informasi dari sumber yang tak ingin disebut namanya, Chief Privacy Officer Apple ini akan segeram meninggalkan jabatannya untuk bekerja di sebuah fimra hukum. Yakni, Gibson, Dunn & Crutcher LLP.

Jauh sebelum menjadi Chief Privacy Officer Apple, Jane Horvath bergabung dengan Apple pada tahun 2011 lalu. Kini, dirinya dikabarkan berencana untuk berhenti dari jabatannya dan hanya baru memberi tahu departemen hukum Apple terkait rencananya tersebut dalam memo internal.

Jane Horvath sendiri diangkat menjadi Chief Officer Privacy Apple tahun lalu. Dirinya menjabat sebagai wajah perusahaan dalam mempromosikan perlindungan bersama Chief Executive Officer, Tim Cook.

Chief Privacy Officer Apple
Foto: Reuters

Raksasa teknologi tersebut telah mengembor-gemborkan fitur seperti pemrosesan pada perangkat dan pencegahan pelacakan web. Termasuk kebijakan periklanan aplikasi yang lebih ketat, yang kontroversial.

Perusahaan sendiri belum memberi tanggapan terkait pengganti dari Chief Officer Privacy Apple selanjutnya. Mereka bahkan tak menanggapi permintaan komentar, menurut laporan dari Bloomberg.

Privasi sendiri telah menjadi pusat upaya pemasaran Apple. Jane mewakili perusahaan dalam berurusan dengan kelompok perdagangan dan Capitol Hill.

Dirinya juga bertanggung jawab atas kepatuhan Apple terhadap perraturan privasi secara global. Seperti GDPR atau Peraturan Perlindungan Data Umum di Uni Eropa.

Baca juga: Peluncuran iPhone 14 Bakal Meluncur September Ini

Latar Belakang Jane Horvath, Chief Privacy Officer Apple di Bidang Hukum

Chief Privacy Officer Apple

Jane Horvath sendiri merupakan salah satu dari jajaran ekesekutif dalam Apple yang menduduki jabatan chief officer. Jajaran tersebut termasuk chief operating officer, chief compliance officer dan chief financial officer. Dalam perannya, ia melapor ke Apple General Counsel Kate Adams.

Memang memiliki latar belakang sebagai pengacara, Jane Horvath menjabat sebagai direktur senior privasi global Apple sebelum duduki posisi Chief Privacy Officer Apple. Namanya dikenal dalam perusahaan setelah sebelumnya pernah bentrok dengan FBI pada tahun 2016.

Jane sendiri bergabung dengan firma hukum yang telah mewakili Apple dalam sejumlah masalah dalam beberapa tahun terakhir. Gibson Dunn baru-baru ini memimpin upaya hukum Apple dalam perjuangannya melawan Epic Game Inc.

Sebelumnya, si Chief Privacy Officer Apple ini juga pernah mengawasi upaya privasi di Google Alphabet Inc. Serta, Departemen kehakiman AS.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini