TechDiva

XL Axiata Ungkap Keahlian Utama Perempuan yang Harus Dikuasai di Era Digital

post-img

Source : gadgetDiva

Salah satu perempuan di tampuk pimpinan XL Axiata mengungkap ada satu keahlian utama perempuan era sekarang yang harus dikuasai. Hal ini harus didalami oleh perempuan agar bisa mempercepat kesetaraan gender di Indonesia.

Hal ini diungkap oleh Direktur dan Chief Digital Transformation & Enterprise Business Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya. Dalam keterangan resmi yang dikirim ke Gadgetdiva, Selasa, 21 Maret 2023, keahlian utama perempuan yang perlu dikuasai adalah digital skill, serta sejumlah keahlian non teknis seperti misalnya storytelling yang identik hobi perempuan yang senang bercerita.

“Senang mengetahui gerakan akselerasi kepemimpinan perempuan yang semakin luas di kalangan perusahaan swasta, sehingga kita bisa saling berlajar dari pengalaman masing-masing. Dalam penerapan di XL Axiata, ada beberapa hal fundamental yang kami lakukan, yaitu para pemimpin harus terus membuka peluang yang sama untuk karyawan laki-laki dan perempuan, baik dari recruitment, memberikan training, dan memberikan promosi,” kata Yessie.

keahlian utama perempuanGoogle Doodle hari perempuan sedunia

Dia menyebut, salah satu program yang telah dijalankan XL Axiata untuk meningkatkan keahlian utama perempuan di perusahaannya adalah “Code without Barrier” yang bekerja sama dengan Microsoft. Melalui program ini, XL Axiata mengajak seluruh karyawan XL Axiata, khususnya perempuan, untuk melihat coding sebagai sesuatu yang mudah. Selain itu, para perempuan di XL Axiata juga diajak untuk mengenal STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) sebagai hal yang menyenangkan.

Keahlian Utama Perempuan yang Harus Dikuasai di Era Sekarang

Berdasarkan data UN Woman, 82% perempuan menggunakan solusi digital untuk menjalankan usaha, membantu mereka untuk mengurus tanggung jawab rumah tangga dan keluarga. Tahun 2022 lalu, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) telah mengembangkan strategi nasional keuangan inklusi perempuan yang mendukung agar UMKM perempuan memiliki pengetahuan, kapasitas, sumber daya, dan peluang untuk bisa mengakses produk-produk keuangan inklusi serta meningkatkan kemampuan literasi digital yang mumpuni untuk berinovasi dalam mengembangkan usahanya.

Sejak tahun 2020 lalu, Kemen PPPA dan XL Axiata telah melakukan berbagai kerja sama dalam upaya pemberdayaan ekonomi perempuan melalui berbagai kegiatan yang dilakukan Kemen PPPA dan XL Axiata. Tahun ini, Kemen PPPA juga mengapresiasi inisiasi dari XL Axiata yang menghadirkan program 1 juta perempuan Indonesia go digital sebagai wujud komitmen perusahaan untuk memajukan kesetaraan gender serta mengembangkan potensi perempuan dari aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

Suka dengan artikel di atas? Click to DONATE


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

OpenAI Kena Semprot Scarlett Johansson, Padahal Udah Ditolak
TechDiva

OpenAI Kena Semprot Scarlett Johansson, Padahal Udah Ditolak

OpenAI disemprot artis cantik Scarlett Johansson karena telah lancang menggunakan suaranya, setidakn..

Berkat Investasi Kripto, Ibu Rumah Tangga Ini Berhasil Kumpulkan Passive Income
TechDiva

Berkat Investasi Kripto, Ibu Rumah Tangga Ini Berhasil Kumpulkan Passive Income

cerita Dinar membuktikan bahwa ada banyak investor kripto yang berupaya menyusun strategi investasi ..

Ini Alasan Melinda Gates Hengkang dari Bill & Melinda Gates Foundation
TechDiva

Ini Alasan Melinda Gates Hengkang dari Bill & Melinda Gates Foundation

Gadgetdiva.id — Mantan Istri Bill Gates, Melinda French Gates, dikabarkan mengundurkan dari..

Direktur IT Telkomsel Dipimpin Perempuan Singapura Joyce Shia, Efektif 31 Mei 2024
TechDiva

Direktur IT Telkomsel Dipimpin Perempuan Singapura Joyce Shia, Efektif 31 Mei 2024

Gadgetdiva.id — Joyce Shia resmi diumumkan sebagai salah satu direksi baru Telkomsel. Yang ..

Gamers Perempuan di Indonesia Memiliki Pendidikan Lebih Tinggi, Ini Alasannya
TechDiva

Gamers Perempuan di Indonesia Memiliki Pendidikan Lebih Tinggi, Ini Alasannya

Gadgetdiva.id — Global Senior Vice President UniPin Debora Imanuella mengungkap fakta menar..


;