TechDiva

Mantan Pacar Elon Musk Baik Banget Mau Berbagi 50%, Artis Lain Malah Kesal

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Mantan pacar Elon Musk, Grimes ternyata tidak mempermasalahkan hak cipta penggunaan suaranya untuk kepentingan artificial intelligence (AI). Dia mengatakan, siapa saja boleh menggunakan suaranya menggunakan AI.

Hal ini diungkapkannya dalam sebuah wawancara, seperti dikutip dari The Verge, Rabu, 26 April 2023. Grimes mengatakan, jika suara AI atau lagu yang menggunakan suaranya tersebut viral dan bisa mendatangkan cuan bagi penciptanya, maka dia akan membagi setengah dari keuntungan royalti.

Ibu Literasi Pertama Indonesia, Lasminingrat Ada di Google Doodle

“Saya akan membagi royalti 50 persen untuk lagu berbasis AI yang menggunakan suara saya, yang viral dan sukses beredar di dunia maya. Silakan gunakan suara saya tanpa kewajiban apapun,” ujar Grimes yang memiliki nama lengkap Claire Elise Boucher.

mantan pacar elon muskElon Musk dan Grimes

Penyanyi yang juga telah memiliki anak dari Elon Musk itu mengatakan bahwa dirinya tidak khawatir dengan adanya tuntutan hukum dari pihak lain. Pasalnya, mantan pacar Elon Musk itu berdiri sendiri, tidak terikat label atau instansi hukum manapun.

Grimes tidak menambahkan banyak detail informasi tentang bagaimana kesepakatan ini akan berjalan. Namun yang jelas, royalti yang dimaksud adalah pembagian keuntungan untuk lagu yang viral atau sangat popular yang sudah beredar di mana-mana, yang dibuat menggunakan suaranya.

Mantan Pacar Elon Musk yang Baik Hati

Sepertinya, mantan pacar Elon Musk itu cukup menimbulkan kontroversi di kalangan industri musik. Pasalnya, banyak label rekaman yang melarang lagu yang dinyanyikan artis mereka menggunakan AI, terutama menggunakan suara milik artis di bawah label mereka.

Ibu dari X Æ A-XII Musk atau Exa Dark Sideræl Musk ini bukan artis pertama yang membolehkan suaranya digunakan untuk lagu berbasis AI. Sebelumnya ada musisi eksperimental Holly Herndon. Holly pernah memperkenalkan suara artificial miliknya sendiri yang disebut Holly Plus 2011. Dia membolehkan siapa saja mengupload file audio tersebut, atau membuat versi baru berbasis suara tersebut.

Model suara yang dilatih dalam kumpulan rekaman artis kini lebih mudah diakses dari sebelumnya, menghasilkan suara yang aneh, lucu, dan kadang menyeramkan.

Sebelumnya ada sebuah lagu yang dibuat menggunakan model suara Drake dan The Weeknd. Lagu itu viral dan sempat ada di layanan streaming. Namun kemudian lagu tersebut dicabut karena ternyata bukan suara asli dari Drake atau The Weeknd. Di tengah viralnya lagu bertajuk “Heart on My Sleeve”, Universal Music Group mengeluarkan pernyataan tegas yang mengklaim bahwa model suara AI pada karya artis mereka merupakan pelanggaran hak cipta.

Grimes merupakan penyanyi yang cukup terkenal dengan karya independennya. Selain baru mengeluarkan lagu bertajuk Player of Games, Grimes dikenal sebagai mantan pacar Elon Musk. Dia memiliki anak dari orang terkaya di dunia itu tanpa menikahinya. Setelah 3 tahun menjalin kasih dan memiliki X Æ A-XII, jalinan kasih keduanya kini telah putus.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.

Suka dengan artikel di atas? Click to DONATE


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Mia Ismi Pingin Punya Ponsel yang Bisa Bantu Bikin Lagu Otomatis
TechDiva

Mia Ismi Pingin Punya Ponsel yang Bisa Bantu Bikin Lagu Otomatis

Gadgetdiva.id — Mia Ismi, Penyanyi sekaligus pemain biola ini sedang sibuk bermusik dan pad..

Ibu Literasi Pertama Indonesia, Lasminingrat Ada di Google Doodle
TechDiva

Ibu Literasi Pertama Indonesia, Lasminingrat Ada di Google Doodle

Gadgetdiva.id — Google Doodle merayakan hari ulang tahun Lasminingrat yang jatuh pada hari ..

NASL Punya Nagita Slavina Ada di Shopee, Bawa Koleksi Baju Lebaran
TechDiva

NASL Punya Nagita Slavina Ada di Shopee, Bawa Koleksi Baju Lebaran

Gadgetdiva.id — Clothing Brand milik Nagita Slavina, yaitu NASL By Nagita Slavina kini had..

Brigitta Hardi Ngarep Smartphone yang Punya Teknologi Hologram
TechDiva

Brigitta Hardi Ngarep Smartphone yang Punya Teknologi Hologram

Brigitta Hardi penyanyi asal Indonesia yang tahun 2022 melepas Sebuah lagu ceria dan berisi lirik..


;