Riset LPEM UI Nyatakan Bahwa GoTo Berdayakan Perempuan di Ekosistem

0
GoTo

Gadgetdiva.id — GoTo dan LPEM UI merilis riset terbaru seputar Dampak Integrasi GoTo Terhadap Mitra Ekosistem. Salah satu penemuannya mengungkap bahwa perusahaan telah memberdayakan peran perempuan dalam ekosistem mereka.

Riset tersebut menyatakan bahwa ekosistem GoTo dapat membantu mewujudkan kesetaraan gender melalui penciptaan kesempatan kerja bagi perempuan. Ditemukan bahwa para mitra pedagang dan penjual di eksosistem GoTo biasanya memperkerjakan 2-3 pekerja dengan lebih dari 50 persennya adalah perempuan.

Lebih lanjut, GoTo juga mengklaim bahwa mereka juga telah mendorong partisipasi perempuan dalam kegiatan ekonomi. Perusahaan juga mengklaim bahwa mereka menyediakan peluang bagi para perempuan.

GoTo

“Kami melihat di ekosistem GoTo memberi peluang bagi perempuan untuk memiliki kesempatan dalam berkontribusi dalam kegiatan perekonomian melalui berbagai peluang yang ditawarkan, sehingga ini membantu mendoron kesetaraan gender,” ungkap Kepala LPEM UI Chaikal Nuryakin dalam acara konferensi pers yang berlangsung, Selasa (20/6).

Kendati, mayoritas keseluruhan mitra GoTo adalah laki-laki. Namun, proporsi mitra laki-laki dan perempuan di antara mitra pedagang dalam eksositem GoTo cukup seimbang. Khususnya, proporsi pemilik bisnis.

GoTo

Saat ini, secara rata-rata, mitra usaha GoTo dan penjual Tokopedia memperkerjakan 2 orang pekerja. Lebih dari setengah pekerja di penjual Tokopedia dan lebih dari 80 persen pekerja Mitra Usaha GoTo adalah perempuan dengan jumlah yang dapat meningkat kedepannya.

Di sisi lain, kesetaraan yang terjadi di GoTo bukan hanya dari segi gender, namun juga tingkat pendidikan. Ditemukan bahwa mitra pengemudi roda dua GoTo berasal dari mereka yang tidak tamat SD hingga sarjana, dengan mitra yang memiliki pendidikan SMA sederajat mendominasi. 

Sementara, mitra penjual Tokopedia hampir sebagian besar merupakan lulusan D4/S1 dan diikuti lulusan SMA sederajat. Lebih lanjut, hampir setengah dari responden mitra usaha GoTo adalah lulusan SMA dan sederajat. 

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan