TechDiva

Perhelatan Mangharcana Batik Cibuluh Bantu Berdayakan Perempuan

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Mahasiswa LSPR melalui program Mangharcana Batik Cibuluh memberdayakan para perempuan di Kampung Batik Cibuluh, Bogor Utara. Yakni, dengan mengadakan gelar wicara dan pelatihan pemasaran.

Acara Mangharcana Batik Cibuluh tersebut berlangsung pada Sabtu, 24 Juni 2023. Acara ini dihadiri oleh Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto, Sekertaris Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Ekonomi Ana Ismawati, Camat Bogor Utara Riki Robiasnyah dan Wakil Rektor IV LSPR Lestari Nurhajati.

Mantan Bos Disney Zenia Mucha Bergabung di TikTok

Tak hanya mengadakan sesi talk show dan juga pelatihan pemasaran untuk para perempuan di Kampung Batik Cibuluh, namun juga mengadakan Fashion Show dengan tema “Elegant Formal” dari setiap kelompok pembatik yang ada. Pemenang adair acara tersebut ialah Batik Irwanda.

Manghacarana Batik

Ketua Pelaksana Mangharcana Batik Cibuluh menjelaskan alasannya memilih Kampung Batik Cibuluh sebagai destinasi acaranya tersebut. Menurutnya, Batik Cibuluh tak hanya memperkaya pilhan fesyen bagi anak muda. Namun juga, menghubungkan mereka dengan warisan budaya Indonesia yang unik dan berwarna.

“Melalui batik, kami ingin menunjukkan bahwa tradisi dapat bersatu dalam diri kita, menciptakan kreasi batik yang menyenangkan dan penuh semangat,” imbuh dia dikutip dari pernyataan resminya pada Senin (26/6).

Kampung Batik Cibuluh sendiri berlokasi di Bogor Utara. Sejak tahun 2016 lalu, kelompok ibu-ibu beranggotakan 40 orang yang berada di sana mulia mengembangkan batik. Motif yang dipilih oleh mereka ialah motif Khas Kujang dan berwarna cerah yang cocok digunakan oleh anak muda.

Manghacarana Batik

Program ini diinisiasi oleh Ibu Sri dengan memberdayakan para ibu rumah tangga sekitar. Kendati demikian, perjalanan mereka tak mudah meski awalnya mendapat respon baik.

Di tahun 2018 dari sejumlah 30 orang yang mengikuti pelatihan pembatik, hanya 6 orang dari mereka yang menekuninya. Namun, Ibu Sri dan anggotanya tak menyerah.

Mereka terus melakukan pemberdayaan dan pelatihan batik hingga sampai saat ini memiliki anggota aktif sekitar 40 orang. Bahkan, mereka telah mampu mengembangkan usaha.

Mereka terbagi menjadi 9 kelompok batik, di antaranya ialah Batik Bumiku, Batik Irwanda, Batik Pancawati, Batik Gaziseri, Batik Melangit, Batik Melinda, Batik Sadulur, Batik Paninengan dan Batik Cherry. Kemudian, mereka bekerja sama dengan Pemerintah Kota, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kementerian Perindustrian dan Perdagangan untuk UMKM sehingga pada tahun 2019 mereka berhasil mendirikan Kampung Batik Cibuluh.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Profil Vanessa Pappas yang Lengser dari Jabatan COO TikTok
TechDiva

Profil Vanessa Pappas yang Lengser dari Jabatan COO TikTok

Gadgetdiva.id — Dua tahun setelah menjabat sebagai COO dari TikTok, Vanessa Pappas dikabar..

Mantan Bos Disney Zenia Mucha Bergabung di TikTok
TechDiva

Mantan Bos Disney Zenia Mucha Bergabung di TikTok

Gadgetdiva.id — Bersamaan dengan diumumkannya COO TikTok Vanesa Pappas lengser dari jabata..

Riset LPEM UI Nyatakan Bahwa GoTo Berdayakan Perempuan di Ekosistem
TechDiva

Riset LPEM UI Nyatakan Bahwa GoTo Berdayakan Perempuan di Ekosistem

Gadgetdiva.id — GoTo dan LPEM UI merilis riset terbaru seputar Dampak Integrasi GoTo Terha..

Gadis Asal India Ini Dapat Apresiasi dari Bos Apple Gara-gara Aplikasi EyeTrack
TechDiva

Gadis Asal India Ini Dapat Apresiasi dari Bos Apple Gara-gara Aplikasi EyeTrack

Gadgetdiva.id — Asmi Jain, mahasiswi asal India berusia 20 tahun ini menjadi pemenang dari..


;