Sosok Fadhilah Mathar yang Diangkat Sebagai Dirut BAKTI Kominfo

0
Fadhilah Mathar

Gadgetdiva.id — Fadhilah Mathar resmi dilantik menjadi Direktur Utama Badan Akesisbilitas Telekomunikasi Informasi (BAKTI) oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi pada Senin (14/8). Dia akan menjalankan tugasnya selama lima tahun, yakni terhitung dari 2023 hingga 2028.

Fadhilah Mathar menggantikan posisi Anang Ahcmad Latif yang sebelumnya tersandung kasus dugaan korupsi base transceiver station (BTS) 4G. Dirinya diamanatkan untuk melanjutkan proyek BTS yang sempat tertunda tersebut.

Diangkatnya Fadhilah Mathar sebagai Dirut BAKTI ini membuatnya bersyukur. Sebab, dirinya punya pimpinan, teman-teman serta rekan-rekan yang akan siap sedia membantunya untuk mempercepat akselerasi transformasi digital.

“Saya sangat senang, sangat bersyukur dan Insya Alllah nanti kami akan melakukan langkah-langkah yang sangat-sangat cepat dan sangat-sangat strategis, tetapi dengan rambu-rambu, tata kelola, governance dan kepatuhan hukum di atas percepatan-percepatan tersebut,” tutur Fadhilah dalam konferensi pers yang berlangsung, Senin (14/8).

Fadhilah Mathar diangkat sebagai Dirut BAKTI ini sesuai dengan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika republik Indonesia Nomor 262 Tahun 2023 tentang pengangkatan Direktur Utama BAKTI Kemenkominfo RI.

Dirinya memang bukan orang baru di dalam sektor Badan Layanan Umum (BLU) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Sebelum menjadi Dirut BAKTI, dirinya menjabat sebagai Direktur Sumber Daya dan Administrasi BAKTI Kominfo.

Fadhilah Mathar

Tahun 2010, Fadhilah bergabung di dalam Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kemenkominfo seabgai Koordinator Pusat TIK Nasional. Kemudian, dirinya menduduki jabatan Kepala Bagian Perencanaan Program dan Pelaporan Balitbang SDM di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tiga tahun setelahnya.

Fadhilah menempuh pendidikan sarjana di IKIP Jakarta. Ia lantas melanjutkan pendidikan Magisternya di Universitas Jakarta.

Kemudian, di tahun 2015 Fadhilah Mathar menyelesaikan pendidikan Doktoral di Universitas Indonesia. Saat itu, dirinya mengambil pendidikan doktor Manajemen Strategi dari Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

Berangkat dari latar belakangnya di dunia pendidikan, teknologi dan manajemen yang mendorongnya untuk berkarier di Kominfo. Di tahun 2017, dirinya ditunjuk sebagai Direktur Utama BP3TI dan dilantik menjadi Direktur Sumber Daya dan Administrasi BAKTI Kominfo.

Hingga pada 14 Agustus 2023, Fadhilah Mathar resmi dilantik menjadi Direktur Utama BAKTI. Dia berhasil melalui proses seleksi jabatan sejak April 2023.

Sebagai Direktur Utama BAKTI, Fadhilah Mathar bertugas untuk merampungkan proyek infrastruktur yang harus diselesaikan. Di antaranya ialah pengopersian Satria-1, peluncuran hot backup satellite (HBS), BTS 4G hingga Palapa Ring Integrasi.

“Hal ini harus menjadi priorioritas agar “Tol Langit” yang digagas oleh Bapak Presiden dapat selesai tepat waktu dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat,” ungkap Budi Arie.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan