Dua Perempuan Gen Z Ini Ambil Alih Posisi Direktur di MRT

0
Girls Takeover 2023
[Ki-Ka] Finalis Girls Takeover 2023, Neisya dan Belinda saat konferensi pers, Senin (27/11) di Jakarta. [Foto: Gadgetdiva.id/Nadhira]

Gadgetdiva.id — Plan Indonesia melalui Girls Takeover 2023 mengajak dua perempuan muda terpilih untuk mengambil alih jabatan direktur di PRT MRT Jakarta selama satu hari. Yakni, Driektur Utama dan Direktur Konstruksi.

Kedua perempuan itu ialah Neisya yang beruisa 21 tahun dan Belinda yang berusia 17 tahun. Keduanya terpilih dari 336 peserta individu yang mendaftarkan diri pada kampanye Girls Takeover 2023 dan telah melewati seleksi ketat sejak Oktober 2023 silam.

Neisya mengambil alih posisi Direktur Utama MRT Jakarta yang diduduki oleh Tuhiyat. Sedangkan, Belinda mengambil alih posisi Direktur Direktur Konstruksi MRT Jakarta yang diduduki oleh Weni Maulina.

Selama menjabat sebagai direktur, baik Neisya maupun Belinda berbagi aspirasi dan rekomendasi mereka untuk MRT Jakarta. Sehingga, dapat menciptakan ruang aman bagi perempuan di transportasi publik.

Terutama pentingnya akses yang inklusif bagi pengguna disabilitas. Sekaligus, mendorong kepemimpinan perempuan dalam perusahaan tersebut.

Dalam forum diksusi yang berlangusung pada Senin (27/11), Neisya menyampakan bahwa ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh PT MRT dalam mencegah pelecehan seksual dalam moda transportasi mereka. Yakni, adanya prosedur intervensi dan alur pelaporan kasus kekerasan yang baik.

“Saya telah menyampaikan bahwa PT MRT Jakarta bisa mencegah lebih banyak kekerasan seksual melalui beberapa solusi seperti adanya prosedur intervensi serta alur pelaporan kasus kekerasan yang baik. Akses yang inklusif bagi penyandang disabilitas juga menjadi salah satu isu yang angkat,” ungkap Neisya.

Dalam kesempatan yang sama, Belinda juga menyampaikan aspirasinya seputar insiatif bagi para karyawan perempuan. Sebab, masih banyak perempuan yang belum mendapatkan kesempatan yang setara untuk meraih cita-cita mereka.

“Melalui kesempatan ini, saya menyampaikan bahwa perusahaan seperti PT MRT Jakarta (Perseroda) harus bisa menghasilkan inisiatif lebih banyak agar perempuan dapat berkarir di bidang STEM melalui berbagai pelatihan,” imbuh Belinda.

Sebagai informasi, 30 persen karyawan di MRT Jakarta ialah perempuan. Dimana 25 persen di antaranya ada di bagian engineering.

Kampanye Girls Takeover 2023

Girls Takeover sendiri sudah berlangsung sejak tahun 2016 di Indonesia yang dapat diikuti oleh perempuan berusia 17-24 tahun. Tahun ini, kampanye tersebut mengusung tema bertajuk Power Up Diversity, Equity, and Inclusion” dengan menekankan urgensi terhadap kesetaraan kepemimpinan perempuan dalam sektor STEM (Science, Technology, Engineering, dan Math) serta keamanan perempuan di transportasi umum.

Girls Takeover 2023Rangkaian kampanye ini dimulai dengan Youth Leadership Class. Dalam kelas tersebut, para peserta diberi motivasi melalui cerita dari para pemimpin perempuan sekaligus diperkaya dengan pemahaman konsep maupun keterampilan kepemimpinan lainnya.

Kemudian, mereka akan melalui proses seleksi yang sangat ketat. Hingga, terpilihlah kedua finalis ini untuk mengambil alih posisi-posisi tinggi di sebuah perusahaan. Sebagai keberlanjutan dari Girls Takeover tahun ini, 20 peserta Youth Leadership Class akan mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan social campaign project bersama komunitas mereka untuk berkampanye terkait isu kepemimpinan perempuan di bidang STEM serta keamanan perempuan di transportasi umum.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan