Lagu Taylor Swift dan Billie Elish Tak Lagi Tersedia di TikTok

0
Billie Elish
Foto: People

Gadgetdiva.id — Pengguna TikTok dikabarkan tak akan lagi dapat menggunakan lagu-lagu dari artis di bawah lebel musik Universal Music Group. Di antaranya adalah Taylor Swift dan Billie Elish.

Hal tersebut dikarenakan TikTok dinilai oleh Universal Music Group tidak memanusiakan para musisinya. Sebab, platform video pendek tersebut enggan memberikan kompensasi yang sesuai kepada artis-artis dan penulis lagu dari label musik AS tersebut.TikTokDitambah, Tiktok juga dinilai tidak melindungi artis Universal Music dari video-video AI palsu yang beredar di platformnya. Hal tersebut ternyata dapat mengurangi jumlah royalti bagi para artis.

“Perjanjian kami dengan TikTok telah berakhir karena keenganan TiKtok untuk memberikan kompensasi yang sesuai kepada artis dan penulis lagu, melindungi artis manusia dari efek berbahaya dari AI dan mengatasi masalah keamanan online bagi pengguna TikTok,” ungkap Universal dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Reuters, Jumat (2/2).

Label ini meminta TikTok untuk memberikan kompensasi kepada para artisnya dengan jumlah yang sepadan dengan apa yang dibayarkan oleh platform media sosial lainnya. Saat ini, pendapatan musik hanya menyumbang 1% dari total pendapatan.

Billie Elish
Foto: Rolling Stone

Universal Music juga menyebut bahwa TikTok memungkinkan platformnya untuk dibanjiri dengan rekaman yang dihasilkan oleh AI. Dimana dapat mengurangi jumlah royalti bagi para artis.

Hal ini juga menumbulkan kekhawatiran terkait “konten yang bermasalah”. Salah satunya ialah gambar-gambar tak senonoh Billie Elish yang menjadi viral dan dilihat oleh jutaan orang sebelum akhirnya dihapus karena melanggar pedoman komunitas.

Sementara itu, dalam sebuah pernyataan sebelumnya, TikTok menyatakan bahwa Universal Music telah menjauh dari platform promosi yang kuat dan menjangkau lebih dari satu miliar pengguna.

“TikTok telah mampu mencapai kesepakatan ‘mengutamakan artis’ dengan setiap label dan penerbit lainnya. Jelas, tindakan Universal yang mementingkan diri sendiri tidak sesuai dengan kepentingan artis, penulis lagu, dan penggemar,” kata TikTok dalam pernyataannya.

Akun TikTok Taylor Swift juga ditemukan memberi pemberitahuan yang menyatakan, “Musik saat ini tidak tersedia”. Peringatan tersebut muncul di bawah tab yang sebelumnya memungkinkan pengguna untuk menelusuri lagu-lagu Taylor Swift.

Taylor Swift Laporan TikTok pada bulan November menyatakan bahwa platformnya dinilai sebagai sebuah landasan bagi para musisi. Sehingga, karya mereka dapat diviral dan dinikmati oleh khalayak ramai.

Sebab, laporan tersebut menemukan bahwa TikTok dapat membantu pengguna menemukan menemukan lagu dan terhubung oleh artis-artis. Laporan ini juga menemukan bahwa penggunanya lebih cenderung menggunakan layanan streaming musik berbayar, sehingga menciptakan nilai tambah bagi para artis.

“Meskipun TikTok (sebelumnya bernama Musical.ly) telah membangun salah satu platform media sosial terbesar dan paling berharga di dunia dengan dukungan para artis dan penulis lagu, TikTok masih berpendapat bahwa para artis harus berterima kasih atas ‘promosi gratis’,” kata Universal.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan