Dian Siswarini, srikandi telekomunikasi Indonesia

0

Baru-baru ini CEO XL Axiata, Dian Siswarini, didapuk penghargaan Satyalancana Pembangunan. Pimpinan salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia itu dianggap telah berjasa dalam industri yang digelutinya ini.

Berdasarkan Keputusan Presiden No.59/TK/Tahun 2017 yang ditandatangai oleh Presiden Joko Widodo pada 21 Juni 2017, Dian Siswarini dinyatakan telah berjasa sejak tahun 2015 berkomitmen memperkenalkan teknologi aplikatif ke masyarakat dengan menghadirkan aplikasi berbasis teknologi selular.

Teknologi yang telah diimplementasikan itu dianggap mampu membantu meningkatkan kualitas dan produktivitas hidup nelayan Indonesia dan masyarakat Indonesia pada umumnya, serta mendukung program pembangunan nasional melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Dian Siswarini memang telah lama berkecimpung di dunia telekomunikasi. Menurutnya dunia telekomunikasi (telko) adalah sebuah dunia yang menarik dibanding dengan bidang lain karena selalu berkembang dan cepat berubah. Dinamis.

Ia pun memutuskan untuk fokus pada bidang telko setelah lulus dari Teknik Elektro di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1991. Tempat kerja pertama saya adalah PT. Citra Sari Makmur (CSM) sebagai Supervisor di bidang Engineering.

Perjalanan karier selanjutnya makin menentukan fokus di bidang telko. Pada 1994 Dian bergabung dengan PT Satelindo menjabat sebagai Supervisor.

Tak lama, Dian pun pindah ke XL yang saat itu masih di bawah naungan PT. Excelcom. Tepatnya pada 1996, sebagai Radio Engineer. Sebagai lulusan Engineering, banyak yang menyebut Dian bekerja di bidang laki-laki.

Di sana dia banyak menghabiskan waktu di lapangan, bahkan membuatnya harus memanjat tower BTS.

Kini di bawah kepemimpinan Dian, XL Axiata telah meraih lebih dari 50 juta pelanggan. XL juga telah berhasil membangun teknologi informasi dan telekomunikasi berupa 26 ribu BTS 3G, serta pada tahun 2016 berupa 8.500 BTS 4G LTE di 100 kota di Indonesia dalam 6 bulan sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia melalui hadirnya layanan internet cepat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini