Tips Ala Kaspersky, Selalu Waspada Dalam memberikan Izin Mengakses Webcam

0
253

Ketika memiliki gadget baru dan ingin mengakses sebuah aplikasi, terkadang kita sering dipinta untuk mengizinkan mengakses kamera maupun mikrofon, tentunya kita tidak boleh sembarang memberi izin, apalagi terhadap aplikasi yang tidak jelas. Kaspersky yang merupakan perusahaan global cybersecurity melakukan survei terhadap 15.000 orang, dan hampir seperempat (23%) pengguna online selalu memberikan izin kepada aplikasi dan layanan untuk mengkases mikrofon atau webcam mereka.

Selain itu, 59% lainnya memiliki kesadaran keamanan yang cukup tinggi terhadap webcam. pasalnya, mereka khawatir bahwa seseorang dapat mengawasi mereka melalui webcam tanpa disadari.

Dan 60% mewaspadai bahwa hal ini dapat dilakukan melalui perangkat lunak berbahaya. Hal ini menunjukkan kemungkinan lebih banyak orang secara proaktif melindungi teknologi mereka di masa depan saat mulai beradaptasi dengan pekerjaan jarak jauh dan peran aplikasi kolaboratif.

Selama setahun terakhir dan juga akibat dari pandemi ini membuat hampir semua orang di dunia harus menggunakan webcamnya agar dapat menjalani kehidupan sehari-hari.

Menurut penelitian Kaspersky menyebabkan 27% orang berusia 25-34 tahun selalu mengizinkan akses tersebut. Namun ini tampak sedikit terjadi di antara demografi usia yang lebih tua, dengan 38% responden berusia 55 tahun ke atas mengungkapkan bahwa mereka tidak pernah memberikan akses seperti itu pada setiap layanan maupun aplikasi.

Cara terbaik untuk menyeimbangkan kewaspadaan sembari memanfaatkan sarana komunikasi modern, adalah dengan melakukan pertimbangan yang cermat seputar aplikasi dan layanan yang digunakan serta mebaca secara seksama izin apa saja yang diminta.

Misalnya, jika aplikasi panggilan video memiliki izin kamera, itu masuk akal. Namun jika terdapat aplikasi tanpa fungsi relevan meminta akses ke mikrofon tanpa alasan yang dapat dibenarkan, mungkin lebih baik untuk menyelidiki dan mempelajari izin lebih jauh.

Untuk merasa lebih aman saat menggunakan webcam, dan memastikan bahwa peningkatan komunikasi virtual selaras dengan orang-orang yang melindungi privasi dan keamanan mereka, Kaspersky memberikan beberapa saran berikut:

  • Menggunakan penutup webcam sederhan dan berdedikasi untuk memberikan perasaan tenang dan nyaman saat alat tidak digunakan.
  • Gunakan solusi keamanan efektif yang menawarkan perlindungan tingkat lanjut dan mencakup banyak perangkat termasuk perangkat PC, Mac, Android, dan iOS. Aplikasi seperti Kaspersky Security Cloud dapat melindungi Anda dari akses tidak sah ke mikrofon.
  • Menganalisis aplikasi yang saat ini Anda izinkan untuk mengakses kamera web atau mikrofon, dan hapus izin jika itu tidak relevan.
  • Untuk memperoleh pemahaman mendealam mengenai privasi online di jejaring sosial, Anda dapat menggunakan Privacy Checker kami, alat sederhana yang menjelaskan setiap pengaturan di jejaring sosial yang dipilih dan memberikan saran tentang berbagai pengaturan tingkat privasi pada platform yang berbeda.

“Tentunya, banyak orang yang tidak langsung memahami protokol keamanan terkait dengan penggunaan webcam dan proses keamanan sibernya. Namun, apa yang kami amati sekarang adalah tren positif yang kuat dari peningkatan kesadaran seputar keamanan online dan potensi ancaman,” ujar Marina Titova, Head of Consumer Product Marketing di Kaspersky.

Baca juga : Survei: Orang tua larang anak menggunakan Gadget di Sekolah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here