Ikuti Langkah ini Untuk Membersihkan Smartphone Tanpa Merusak Layar

0
192
smartphone zodiak 2020

Paradiva mungkin sering merasa risih karena layar smartphone yang terlihat kotor akibat penggunaan sehari-hari atau mungkin kamu khawatir dengan penyebaran virus corona melalui benda maupun ruang yang dipenuhi banyak orang. Ikuti langkah ini untuk membersihkan smartphone kamu!

Beberapa pedoman membersihkan smartphone telah berubah dalam setahun terakhir sebagai akibat kekhawatiran tertular COVID-19. Meskipun permukaan tidak dianggap sebagai penyebab utama penularan virus corona, secara umum, kuman apapun yang berada di smartphone atau casing kamu berpotensi berpindah ke tubuh kamu.

The Centers for Disease Control and Prevention menyatakan (PDF) bahwa virus corona dapat bertahan dari jam hingga beberapa hari di permukaan dan objek. CDC juga menyatakan COVID-19 belum terbukti bertahan lebih dari tujuh hari.

Sering membersihkan ponsel merupakan langkah bagus. Akan tetapi, bagaimana cara yang benar untuk menghilangkan kotoran tanpa merusak perangkat kamu? Dilansir dari Cnet, berikut langkah yang dapat Paradiva ikuti.

Psst, Paradiva jangan sampai mengikuti cara membersihkan layar dari video ini, ya!

Mendisinfektan Ponsel

Saat menggenggam ponsel setelah bersentuhan dengan gagang pintu tempat umum atau nampan makanan, kamu mungkin langsung berpikir untuk membersihkannya dengan alkohol gosok. Ternyata hal tersebut merupakan langkah yang salah.

Pasalnya, alkohol murni dapat menghilangkan lapisan oleofobik dan hidrofobik yang mencegah minyak dan air yang dapat merusak layar dan porta lainnya. Beberapa situs web menyarankan untuk membuat sendiri alkohol dengan air, akan tetapi sangat penting untuk emndapatkan konsentrasi yang tepat.

Dengan mengusap ponsel menggunakan alkohol murni dapat merusak perangkat. Tindakan yang paling aman untuk dilakukan adalah menggunakan tisu desinfektan yang mengandung 70% alkohol isopropil untuk membersihkan layar smartphone.

Sebelum pandemi, kita diisntruksikan untuk tidak menggunakan tisu desinfektan pada layar ponsel, namun Apple mengatakan hal tersebut dapat dilakukan menggunakan Clorox Wipes atau lainnya asal memiliki kandungan yang sama.

Pedoman pembersihan AT&T menyarankan kita untuk tidak “menyemprotkan disinfektan nonabrasif atau berbasis alkohol (70% isopropil) langsung apda kain lembut tidak berbulu dan seka perangkat kamu saat dimatikan atau dicabut.”

Samsung juga mengatakan kamu dapat membuat larutan berbasis alkohol dari etanol 70% atau alkohol isopropil, diaplikasikan dengan kain mikrofiber.

Pilihan lain untuk pembersihan sehari-hari adalah menggunakan sinar UV seperti PhoneSiap. Perusahaan sinar UV ini mengklaim dapat membunuh 99,99% kuman dan membasmi bakteri.

Sejauh yang diketahui, hal tersebut belum diuji sehubungan dengan jenis virus corona ini.

Cara Membersihkan Noda Sidik Jari dari Layar Smartphone

Noda sidik jari memang sulit dicegah karena kulit kamu terus-menerus menghasilkan minyak. Hal tersebut berarti bahwa setiap kali kamu mengangkat telepon, pasti ada sidik jari di dalamnya.

Cara paling aman dan efektif untuk membersihkan layar kamu adalah dengan kain mikrofiber. Jika layar sangat membutuhkan pembersihan, gunakan air distilasi untuk membasahi kain mikrofiber lalu seka layar kamu.

Hindari menyemprotkan air langsung ke layar. Metode ini juga dapat digunakan pada bagian belakang dan samping ponsel kamu. Kamu juga daopat mencoba stiker pembersih layar microfiber yang kamu tempelkan di bagian belakang ponsel dan dapat dilepas saat kamu perlu menghapusnya.

Jangan Menggunakan Make-up Remover!

Meskipun kamu mungkin menggunakan make-up remover untuk menghapus make-up setiap malam, maka kamu tidak boleh menggunakannya sebagai layar karena beberapa bahan kimia yang dapat bersembunyi dalam bahan. Organics.org menjelaskan bahan kimia yang mungkin ada di make-up remover kamu.

Sebagai gantinya, kamu bisa mendapatkan make-up remover untuk ponsel kamu sendiri. Seperti, Whoosh. Perusahaan mengklaim aman untuk semua layar dan tidak mengandung alkohol, klorin, amonia atau fosfat yang dapat merusak berbagai lapisan layar.

Biasakah Kamu Mencuci Smartphone Waterpoof?

Jika kamu memiliki smartphone waterproof dengan peringkat IP67 ke atas, kamu dapat membilasnya dengan air. Meskipun ponsel ini, seperti iPhone 7 dan yang lebih baru serta ponsel Galaxy S, dapat menahan perendaman hingga 30 menit dalam air setinggi 3 kaki, lebih baik menggunakan kain lembab atau basah untuk membersihkan ponsel kamu.

Kemudian keringkan ponsel kamu dengan kain kering dan lembut untuk menghilangkan air. Pastikan untuk mengeringkan semua speaker dan port.

Baca juga, Ikuti Cara ini Untuk Tampilkan Persentase Baterai di iPhonemu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here