5 Persamaan Drama Moon Lover: Scarlet Heart Ryeo dan Hotel del Luna

0
180

Memasuki waktu weekend, Gadgetdiva ingin kembali merekomendasikan tontonan menarik bagi kamu penggemar drakor. Kali ini, drakor yang akan direkomendasikan adalah Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo dan Hotel Del Luna.

Namun, sebelum menontonnya Gadgetdiva ingin membahas persamaan antar kedua drama hits ini. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo diangkat dari drama Tiongkok, dengan latar periode Goryeo, masa kekacauan politik yang mengakibatkan pertumpahan darah, politik keluarga yang kejam, dan perjuangan cinta. Inilah kisah tentang Wang So (Lee Joon Gi) dan Hae Soo (IU), dua sosok dari periode waktu berbeda yang saling jatuh cinta. Lee Joon Gi dan IU pun mendapat pujian luar biasa dari para pecinta drakor.

Sementara, Hotel Del Luna menyatukan karakter Jang Man Wol (IU) dan Goo Chan Sung (Yeo Jin Goo) setelah terjadi kesepakatan yang dibuat ayah Sung dengan Man Wol bertahun-tahun sebelumnya. Pasangan ini pun sering berseteru pada awalnya, namun Chan Sung berhasil mendobrak tembok Man Wol dan membantunya mendapatkan cinta dan kedamaian yang ia butuhkan sebagai bekal menuju alam baka. Ini adalah jenis drama yang akan membekas pada benak kamu dengan cinta yang berapi-api dan rasa takut kehilangan yang mendalam.

Kedua drama ini sudah dapat kamu saksikan di Viu. Berikut adalah lima persamaan drama Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo dan Hotel Del Luna.

Dibintangi oleh IU

IU adalah salah satu dari banyak selebriti berbakat di Korea Selatan. Pemilik nama asli Lee Ji Eun ini lebih dikenal dengan nama panggungnya, yakni IU.

Karirnya di bidan musik telah dimulai sejak tahun 2008. Namun, ia resmi debut di dunia akting dalam sebuah drama Dream High yang tayang tahun 2011 lalu.

Karier IU sebagai aktris kian meningkat hingga akhirnya ia sering dipercaya untuk memainkan peran utama. Di drama Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo yang tayang tahun 2016, IU memerankan karakter utama wanita yaitu Go Ha Jin/Hae Soo.

Melakukan perjalanan ke masa lalu ternyata tidak membuat kehidupan IU menjadi membaik sebagai Hae Soo. Tiga tahun kemudian, IU kembali menjadi pemeran utama wanita pada drama Hotel del Luna. Ia berperan sebagai pemilik Hotel del Luna, Jung Man Wol yang dikenal akan karakter dinginnya akibat dendam di masa lalu.

Kisah Cinta yang Rumit

Tidak semua kisah cinta di drama Korea mengalir dengan sederhana. Karakter yang IU mainkan di dua drama yang berbeda harus mengalami masalah pelik. Di Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, Hae Soo, karakter IU di drama tersebut harus berjuang karena berbagai masalah di sekitarnya.

Mulai dari rasa cemburu antar pangeran yang juga menyukainya, hingga terseret dalam persoalan perebutan kekuasaan. Ketika IU berperan sebagai Jang Man Wol di Hotel del Luna, ia sempat dikhianati oleh cinta pertamanya.

Di samping rasa kecewa dan sedih, pengkhianatan juga membawa perubahan besar dalam perilaku Jang Man Wol.

Kehadiran Idol sebagai Pemeran Pendukungnya

Kehadiran para idol di sebuah drama memberikan hiburan ekstra pada drama. Tidak jarang, para idol tersebut menunjukkan bakat dalam bidang akting yang tidak disangka-sangka. Pada drama Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, ada beberapa idol yang dipercaya berperan sebagai pemeran pendukungnya.

Terdapat Byun Baek Hyun (EXO) sebagai Wang Eun dan Seo Hyun (Girls’ Generation) sebagai Woo Hee. Ada beberapa nama idol lain pula yang dapat Anda temukan di Hotel del Luna. Mulai dari Pyo Ji Hoon atau P.O (Block B) berperan sebagai Ji Hyun Jung, Kang Mi Na (I.O.I dan Gugudan), dan Sulli.

Meskipun nama-nama tersebut memulai karir sebagai idol di Korea Selatan, mereka juga memilki karir sebagai aktor dan aktris dengan menunjukkan akting yang mumpuni.

Soundtrack yang Diisi Punch dan Taeyeon

Layaknya sebuah film, kehadiran drama Korea kurang lengkap jika tidak dibumbui oleh soundtrack. Sering kali ditemukan dalam banyak drama, ada nama-nama penyanyi besar yang mengisi list soundtrack mereka. Begitu pula dengan soundtrack yang ada di drama Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo dan Hotel del Luna yang digandrungi pecinta drakor.

Punch dan Taeyeon termasuk dalam jajaran pengisi soundtracknya. Di drama Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, Loco & Punch menyanyikan lagu berjudul Say Yes. Lalu ada Taeyeon yang juga turut bergabung dengan menyanyikan lagu All With You. Pada Hotel del Luna, terdapat beberapa judul lagu yang dinyanyikan oleh Punch.

Terdapat lagu Another Day yang dinyanyikan bersama Monday Kiz, Done For Me, dan Love del Luna (dinyanyikan bersama Taeyong). Di drama ini, Taeyeon menyanyikan satu lagu, berjudul All About You.

Memiliki Rating Tinggi dan Masuk Nominasi di Baeksang

Keberhasilan dari Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo dan Hotel del Luna dapat dilihat dari berbagai aspek. Rating yang tinggi diperoleh Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo di negara seperti Cina, Malaysia dan Singapura. Hotel del Luna dikenal sebagai drama tvN yang paling banyak ditonton pada tahun 2019 dan salah satu drama tv kabel dengan rating tertinggi.

Selain itu, pada tahun 2017, Kang Han Na (pemeran Hwangbo Yeon Hwa) di Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo masuk nominasi Baeksang Arts Awards ke-53 sebagai Best New Actress. Kemudian pada tahun 2020, IU juga dinominasikan pada Baeksang Arts Awards ke-56 sebagai Best Actress (TV) untuk drama Hotel del Luna.

Baca juga, 4 Film Kora Baru di Viu yang Wajib Kamu Tonton

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here