Jaga Informasi Pribadi, Ikuti Tips Menerima Paket dari Kemenkominfo Ini

0
133

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui akun resmi Instagramnya memberi tips seputar menerima paket setelah belanja online. Rangkaian tips ini diposting kemarin (6/6).

Tips tersebut diberikan guna untuk membantu masyarakat melindungi informasi pribadi mereka yang tertera pada paket. Mengingat saat ini banyak sekali terjadi penyalahgunaan data pribadi.

Dalam postingan tersebut, Kemenkominfo menyatakan, “Paket yang kamu dapatkan dari belanja online mengandung data pribadi yang bisa disalahgunakan.”

Untuk meminimalisir hal tersebut ada beberapa langkah yang harus Paradiva lakukan. Berikut adalah rangkaian tipsnya.

Pertama, jangan langsung membuang kemasan paket yang kamu terima. Kedua, coret alamat serta nomor telepon yang ada pada paket kamu. Ketiga, gunting data tersebut menjadi potongan kecil agar semakin sulit untuk disatukan.

Di Indonesia sendiri, kasus kebocoran data yang sempat menghebohkan adalah kebocoran database pengguna Tokopedia pada bulan Mei 2020 lalu. Database yang dimiliki oleh startup unicorn tersebut berhasil dibobol peretas.

Dilansir dari Kompas.com, sebanyak 91 juta pengguna dan lebih dari tujuh juta data merchant Tokopedia dilaporkan dijual dalam situs gelap dengan harga 5.000 dollar AS atau sekitar Rp 75 juta.

Pihak Tokopedia saat ini mengakui adanya upaya pencurian data pengguna. Meskipun beberapa informasi rahasia pengguna seperti password dan informasi pembayaran, diklaim telah berhasil dilindungi oleh sistem enkripsi.

Nah, kalau Paradiva sendiri gimana, nih? Sudah pernah melakukan cara ini belum?

Baca juga, Cara Mengubah Smartphone Androidmu Jadi Remote TV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here