TikTok Berikan Tips Bikin Konten untuk Promosi Digital UKM

0
ngemis online
Foto: Pixabay/

Usaha Kecil Menengah (UKM) saat ini menjadi salah satu kunci mendorong pemulihan perekonomian nasional. Banyak dari mereka kini beralih ke dunia digital.

TikTok melalui program #MajuBarengTikTok terdiri dari rangkaian kelas online gratis yang melibatkan para ahli di bidang pemasaran dan kreasi konten untuk memberikan materi yang relevan. Tujuannya adalah agar para UKM dapat memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis mereka.

Sebagai langkah awal memulai pemasaran digital, penting bagi UKM untuk merancang konten kreatif. Agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima oleh target konsumen dengan kesan menarik. Berikut adalah tiga tips yang disadur dari Kelas Kreatif #MajuBarengTikTok.

Jadikan produk sebagai jawaban untuk masalah yang dihadapi konsumen

Setiap orang berusaha menemukan jawaban atas masalah yang ditemui dalam kesehariannya. Para pelaku bisnis bisa memanfaatkan permasalahan yang biasa dihadapi konsumen tersebut dengan menjadikan keunggulan atau manfaat produk sebagai jawabannya.

Hal ini dinamakan sweet spot, yakni pertemuan antara keunggulan produk dengan pemahaman akan konsumen. Untuk dapat menggali lebih banyak insights, pelaku bisnis dapat memosisikan diri mereka sebagai konsumen.

Dengan memerhatikan perilku konsumen, seperti kapan mereka menggunakan produk. Dimana mereka biasa mendapatkannya hingga nilai yang mereka cari dari produk tersebut.

Sebagai contoh, produk spons pembersih ini berhasil menjawab permasalahan konsumen. Produk ini dapat menjawab permasalahan panci kotor yang dialami ibu rumah tangga dengan memberikan penjelasan dan tutorial langsung, sekaligus arahan untuk mendapatkan produk tersebut di e-commerce.

Buat konten kreatif dengan memberikan kejutan di akhir

Setelah mendapat berbagai ide untuk menjawab permasalahan target konsumen, kemas jawaban tersebut menjadi suatu konten kreatif. Salah satu caranya adalah memberikan surprise atau kejutan menarik di akhir video.

Contohnya dengan mengawali video seperti kegiatan jalan-jalan di pusat perbelanjaan biasa, yang ternyata diakhiri dengan promosi suatu gerai baru yang disampaikan dengan cara dramatis. Cara kreatif yang memberikan kejutan seperti ini bisa meninggalkan kesan pada konsumen, sekaligus membangkitkan keinginan untuk ikut mencoba datang ke gerai tersebut. 

Manfaatkan creative tools gratis untuk menyempurnakan ide kreatif

Bagi pelaku UKM, keterbatasan budget untuk merekrut ahli desain adalah hal lazim yang dihadapi dalam proses pengembangan bisnis. Saat ini, ada berbagai aplikasi video editing gratis yang menawarkan fitur membuat konten dengan mudah.

TikTok bisa menjadi salah satu pilihan, karena memiliki creative tools yang lengkap dan tepat untuk mendukung UKM membuat konten kreatif, seperti pustaka musik, stiker, filter, pengubah suara, hingga fitur voice over dan penambah teks. Kehadiran fitur-fitur ini mempermudah pelaku bisnis dari berbagai kategori untuk menceritakan produk dan jasanya dengan lebih kreatif.

Untuk pelaku bisnis bidang skin care, kombinasikan beberapa creative tools TikTok yang bisa membuat produk seolah bicara pada konsumen, seperti pentingnya produk pelembab di semua jenis kulit. UKM bisa gunakan filter Face Featured untuk memberi mata dan mulut di produk, Adding Text untuk memberi informasi tambahan, serta musik yang dilengkapi dengan copy right di aplikasi untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan. 

Baca juga, Biden Batalkan Larangan TikTok dan Wechat di Amerika Serikat


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan