Fitur Voice Tweet Diluncurkan, Begini Cara Menggunakannya

0
170
Twitter

Twitter baru saja meluncurkan fitur Voice Tweet pada hari Kamis (15/7) kemarin. Sebelumnya, Twitter pernah meluncurkannya pada Juni 2020 lalu, akan tetapi mereka dengan cepat dikritik oleh pendukung aksesibilitas karena tidak menyertai teks.

Saat ini, fitur Voice Tweet juga dilengkapi dengan fitur teks yang akan hadir secara otomatis dalam bahasa yang didukung, yakni Inggris, Jepang, Spanyol, Portugis, Turki, arab, Hindi, Perancis, Indonesia, Korea dan Italia.

Akan tetapi, Twitter mencatat bahwa karena menggunakan pengaturan bahasa perangkat kamu sebagai dasar transkripsi, fitur tersebut tidak akan bekerja secara akurat jika perangkat kamu dipasang ke satu bahasa tetapi kamu berbicara dalam bahasa lain.

Untuk melihat keterangan pada tweet, kamu dapat mengklik atau mengetuk ikon CC di sudut kanan atas jendela voice tweet. Teks hanya muncul pada saat voice tweet baru, kata Twitter yang dilansir dari The Verge. Jadi, kamu tidak akan melihatnya kembali di tweet lama.

Voice Tweet sendiri merupakan fitur penulisan yang tersedia di aplikasi Twitter iOS. Fitur ini merupakan cara yang lebih kreatif untuk mengekspresikan pikiran kamu, tanpa harus mengetik semuanya secara manual atau dibatasi oleh batas karakter.

“Terkadang 280 karakter tidak cukup dan beberapa nuansa percakapan hilang dalam terjemahan,” kata Twitter pada saat peluncuran Voice Tweet.

Cara Menggunakan Fitur Voice Tweet

Untuk menggunakan fitur Voice Tweet, berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuto.

  1. Buat Voice Tweet. Jika kamu ingin membuat Voice Tweet, kamu perlu mencari ikon berbentuk gelombang saat membuat tweet baru.
  2. Klik ikon berbentuk gelombang dan tekan tombol rekam yang muncul untuk mulai merekam. Setiap voice tweet menangkap audio berdurasi hingga 140 detik.
  3. Setelah kamu mencapai batas waktu untuk fitur tersebut, Voice Tweet akan secara otomatis dimulai dan membuat thread untuk kamu posting. Kamu sendiri dapat melampirkan voice tweet milikmu dan dapat mmeberikan teks pada pesan audiomu.

Akan tetapi, Voice Tweet hanya dapat ditambahkan ke tweet asli. Dalam kata lain, kamu tidak dapat menyertakannya dalam balasan atau retweet dengan komentar.

Kamu hanya dapat dengan mudah melihat voice tweet pada timeline kamu, pasalnya fitur tersebut muncul sebagai klip audio dengan gambar profil sharer sebagai latar belakang. “Foto profil kamu saat ini akan ditambahkan gambar statis pada lampiran audio kmau dan tidak akan disegerakan jika kamu memperbarui foto profil kamu,” kata Twitter saat fitur tersebut diluncurkan. Kamu dapat mendengarkan Voice Tweet dapat mendengarkan fitur dengan mengetuk tombol play.

Di perangkat iOS kamu, dok pemutar akan muncul sehingga kamu dapat mendengarkan fitur tersebut pada latar belakang, terus scroll feed kamu dan beralih aplikasi.

Baca juga, Twitter Bakal Hapus Fitur Fleets Pada bUlan Agustus Mendatang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here