Begini Caranya Menggunakan Smartphone Sebagai Penggaris

0
127

Untuk mengukur sesuatu, kita membutuhkan pengggaris. Nah, Paradiva tahu nggak sih kalau ternyata smartphone kita bisa juga digunakan sebagai penggaris? Simak artikelnya, ya!

Mengukur sesuatu mungkin hal yang paling sering kita temui sehari-hari. Sepeti, mengukur tinggi anak-anak atau berolahraga jika benda X muat di ruang Y.

Dilansir dari Techradar, baik iOS dan Android memungkinkan kamu untuk mengarahkan ponsel ke benda-benda yang dapat digunakan untuk melihat seberapa besr, kecil, panjang atau jauhnya benda. Tak hanya itu, smartphone juga dapat membantu kamu menghitung luas suatu objek atau dimensi.

Dalam beberapa kasus, aplikasi yang menggunkan augmented reality dapat digunakan untuk memetakan apa yang dilihat oleh sensor kamer kamu, melapisi pengukuran dan garis pada apapun yang kamu arahkan ke kamera ponselmu.

Cara menggunakan iPhone sebagai penggaris

Sejak iOS 12, iPhone kamu telah menyertakan aplikasi bernama Measure yang dapat kamu gunakan untuk menentukan dimensi secara akurat. Kamu dapat menggunakannya untuk mennentukan dimensi secara akurat.

Tak hanya itu, kamu juga dapat menggunakannya untuk menghitung luas persegi atau meter persegi objek. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat mengetahui seberapa tinggi seseorang hanya dengan memasukkan seluruh tubuh ke dalam viewfinder.

Akurasi sendiri juga tergantung pada versi iPhone yang kamu miliki. iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max memiliki LiDAR Scanner yang membuat aplikasi ini lebih akurat pada perangkat.

Buka aplikasi Measure

Setelh membuka aplikai Measure, kamu akan Paradiva akan ditemukan dengan tampilan yang mirip dengan aplikasi Camera. Oleh karena itu, kamu perlu mengarahkan kamera ke objek yang ingin kamu ukur. Lalu, akan ada titik putih yang muncul.

Mengatur objek dalam viewfinder

Kamu tidak perlu menyimpan seluruh objek atau orang dalam viewfinder untuk mengukurnya. Bidik objek sedekat yang kamu butuhkan untuk mendapat titik pada tempat yang tepat. Klik ikon+ untuk mengatur titik awal.

Measure memilliki ebebrapa deteksi otomatis yang mencoba membantu, yakni garis kuning samar yang dapat kamu lihat pada screenshot. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika tidak mendapat titik awal pada posisi yang tepat.

Tetapkan titik akhir

Tentukan titik akhir dari objek yang ingin kamu ukur. Lalu, tap ikon + kembali untuk menetapkan titik akhir objek yang ingin kamu ukur. Kamu akan melihat garis putus-putus yang membentang dari titik awal kamu dengan ukuran yang terus diperbarui saat menggerakkan kamera. Setelah itu, layar ponselmu akan menampilkan jumlah jarak dari objek yang kamu ukur.

Mengukur Objek Menggunakan Smartphone Android

Bagi Paradiva yang menggunakan smartphone Android, tidak perlu khawatir. Pasalnya ada beberapa aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengukur suatu objek. Kamu dapat mengunduhnya melalui Google Play Sore. Berikut adalah daftarnya.

  • Ruler – Bubble – Angle Meter
  • Ruler
  • ImageMeter
  • GPS FIeds Area Measure

Selamat mencoba ya, Paradiva!

Baca juga, Tips Merapihkan Feeds Instagram Layaknya Influencer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here