Waktu Yang Tepat Untuk Posting Konten di Media Sosial

0
374

Paradiva mungkin sering bertanya-tanya kapan sih waktu yang tepat untuk memosting konten di media sosial agar dilihat oleh banyak orang? Nah, ternyata sebuah penelitian yang dilakukan oleh comparethemarket.com terkait waktu tersebut.

Selain menjadi media komunikasi dan pertukaran informasi, media sosial juga berfungsi sebagai sarana hiburan. Kamu juga dapat memposting konten-konten kreatif atau sekadar aktivitas sehari-hari. Namun, sering kali konten yang telah kita posting ini tidak kelihatan di timeline atau feeds followers. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk memosting konten di media sosial.

Menemukan waktu yang tepat untuk memposting konten mungkin tampak seperti tugas yang mustahil di dunia media sosial yang bergerak cepat. Namun, ternyata penelitian terbaru ini dapat mengubah semua itu.

Kapan waktu terbaik untuk memosting konten di media sosial?

Dilansir dari Metro.co.uk, menurut penelitian yang dilakukan oleh comparethemarket.com terkait konsumsi aplikasi di Inggris mengungkap detail seputar waktu penerbitan yang sempurna di beberapa aplikasi.

Kemungkinan besar pengguna Facebook dan Instagram menggunakan dan memosting konten di kedua antara pukul 16.30 – 18.30. Bertepatan dengan mereka selesai bekerja.

Pengguna paling aktif di TikTok dan Snapchat setelah jam 9 malam. Artinya, larut waktu malam yang ideal untuk memosting konten pada kedua platform tersebut.

Studi ini juga memberi wawasan terkait aplikasi yang terbukti paling populer selama pandemi. Sementara, TikTok terbukti menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh pada 2020/21, Facebook tetap menjadi yang paling populer dengan 68% orang Inggris membuka aplikasi setiap hari, diikuti oleh TikTok dan Instagram.

Mengomentari penelitian tersebut, Holly Cox, kepada digital pada comparethemarket.com, menyatakan bahwa “Ada banyak momen selama lockdown dimana kita tidak punya pilihan selain berkomunikasi dengan orang yang kita cintai melalui telefon kita, jadi tidak mengherankan bahwa platform perpesanan dan media sosial paling banyak diunduh selama periode 2020-2021.”

Holly juga menambahkan bahwa alogritme media sosial menjadi topik diskusi besar di dunia digital. Menarik untuk melihat kapan waktu paling aktif dan optimal untuk memosting konten di setiap platform. Pasalnya, hal tersebut berkaitan dengan peluang meningkatknya viewers, like, comment dan share.

Dikutip dari Suara.com, jumlah pengguna media sosial di Indonesia mencapai 170 juta orang hingga Januari 2021. Angka ini naik 10 juta orang atau 6,3 persen dari tahun lalu.

Menurut laporan dari Kompas.com, aplikasi media sosial yang menduduki peringkat pertama adalah Youtube. Lalu, disusul oleh WhatsApp, Instagram, Facebook, lalu Twitter secara berturut-turut.

Baca juga, Wanita Ilmuwan Vaksin COVID-19 Diubah Jadi Boneka Barbie

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here