Cara Lacak Tidur Menggunakan Perangkat iPhone

0
372

Perangkat iPhone memiliki kemampuan untuk melacak jam tidur penggunanya. Meskipun kemampuan tersebut tidak secanggih Apple Watch Series 6, namun perangkat tersebut dapat membantu kita dalam memberi gambaran yang jelas terkait berapa banyak waktu tidur setiap malamnya.

Dilansir dari Digital Trends, banyak penelitian seputar efek smartphone yang dapat memengaruhi tidur kita. Selama beberapa tahun, para peneliti memberi peringatan bahwa cahaya biru yang dipancarkan oleh layar sentuh dapat mengganggu pola tidur. Sementara, mereka juga menandai bahaya terlalu banyak melihat media sosial kamu sebelum tidur.

Namun, meskipun penggunaan ponsel cerdas yang berlebihan tentu bukan teman malam yang ideal, penggunaan perangkat yang terfokus sebenarnya dapat membantu kamu meningkatkan rutinitas tidur kamu.

Cara melacak tidur dengan iPhone

Jika kamu menggunakan iOS 14 atau lebih baru, kamu harus menggunakan aplikasi Health untuk emngatur waktu tidur, memasukkan target tidur dan melacak tidur kamu. Berikut cara memulainya:

Mengatur Jam Tidur Menggunakan Aplikasi Health

  1. Buka aplikasi Health. Scroll layar ke bawah hingga kamu melihat kotak Set Up Sleep dan klik Get Started.
  2. Kamu kemudian akan diperlihatkan sejumlah petunjuk di layar. Fitur ini akan menyuruhmu untuk menyetel Sleep Goals-mu, Bedtime dan Wake Up times, Sleep Mode dan Any Wind Down Shortcuts.
  3. Kamu juga akan memiliki opsi untuk melacak tidurmu dengan Apple Watch dengan asumsi kamu telah memilikinya dan telah memasangkannya dengan iPhone.

Mengetahui Data Jam Tidur

Setelah kamu menggunakan aplikasi Health untuk melacatk tidur selama beberapa hari atau lebih, kamu mungkin ingin melihat bagaimana keadaanmu. Caranya sangat mudah: cukup buka aplikasi Health dan klik tab Explore di sudut kanan abwah layar. Selanjutnya, scroll layar ke bawah dan klik Sleep.

Layar Sleepmu akan menampilkan diagram batang. Data ini mewakili hari-hari dalam seminggu terakhir dan jumlah jam yang kmau habiskan untuk tidur selama itu. Tak hanya itu, data ini juga akan menunjukkan waktu rata-rata kamu di tempat tidur per malam, sementara tab Week dan Month di bagian atas memungkinkan kamu beralih dari melihat jam tidur minggu ini ke bualn ini.

Ada juga opsi untuk melihat lebih banyak data jam tidurmu. Jika kamu mengetuk opsi Show More Sleep Data yang berada di bawah chart, kamu tak hanya akan melihat bagan, namun juga informasi yang terkait dengan durasi tidur.

Menyesuaikan Jadwal Tidur

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuka aplikasi Health > Browse > Sleep, lalu scroll layar ke abwah untuk melihat Sleep Schedule milikmu. Jendela kecil pertama akan menampilkan waktu tidur dan bangun tidurmu berikutnya. Kamu dapat klik Edit untuk mengubah jam tidurmu.

Jika kamu ingin mengubah jadwal kembali norma, kamu dapat melakukannya dengan mengetuk Full Schedule & Option. Selanjutnya, klik Edit (di bawah Full Schedule) untuk mengubah waktu tidurmu dan untuk mengubah hari dimana jam tersebut berlaku,

Dengan asumsi kamu meninggalkan beberapa hari (misalnya Sabtu dan Minggu), kamu dapat mengatur jadwal untuk hari-hari ini dengan mengetuk Add Schedule for Other Days.

Pada halaman Full Schedule, kamu juga dapat menyesuaikan detail lain yang terkait dengan jadwal kamu. Misalnya, kamu dapat mengubah Sleep Goal, mengatur waktu Wind Down dan shortcut Wind Down-mu.

Selain itu, jika kamu tidak ingin menggunakan aplikasi Health, kamu juga dapat mengubah Waktu Tidur dan Bangun Tidur-mu dengan membuka aplikasi Clock. Dari sini, kamu bisa klik tab Alarm > Change.

Baca juga,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here