Antisipasi Penyalahgunaan Data, Begini Cara Membuat Watermark Pada Scan KTP!

0
301
Scan KTP
Foto: Unsplash/Kevin Ku

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memberi solusi bagi kita untuk melindungi KTP. Caranya dengan memberi watermark pada file scan KTP melalui akun Instagramnya hari ini (1/9).

Mengingat file tersebut seringkali digunakan untuk memverifikasi berbagai hal secara daring. Tak hanya scan KTP, solusi ini juga dapat diterapkan untuk melindungi dokumen penting lainnya. Watermark tersebut harus berisi keterangan tanggal dan kepada siapa scan KTP (atau berkas penting lainnya) diberikan.

Cara Membuat Watermark Pada Scan KTP

Dilansir dari akun Instagram @kemenkominfo, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Paradiva lakukan untuk membuat watermark pada scan KTP.

  1. Foto KTP dengan benar.
  2. Buka aplikasi edit foto. Misal, Phonto, Picsart atau bisa juga melalui Instagram Story.
  3. Klik fitur tambahkan tulisan yang ada dalam aplikasi.
  4. Ketik informasi berupa tanggal scan dan kepentingannya. (Contoh: SCAN KTP PADA 01-09-2021 UNTUK VERIFIKASI E-WALLET).
  5. Taruh Tulisan di area kosong yang ada pada KTP. Namun, pastikan terlebih dahulu watermark tersebut tidak menutupi informasi penting lainnya.

Dilansir dari laman Indonesia Baik, beragam penyalahguanaan data bisa dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Apalagi dalam dunia digital. Misalnya, akses perbankan/keuangan, pengajuan pinjaman online, pembobolan rekening pribadi hingga pengajuan kartu kredit.

Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika pernah nyatakan bahwa hampir semua negara di dunia termasuk Indonesia memiliki sumber data pribadinya adalah NIK. Oleh karena itu, masyarakat perlu dengan bijak menahan untuk membagikan identitas pribadi secara cuma-cuma kepada siapa saja.

Sebelumnya, akun twitter @CCICPolri menghimbau seluruh masyarakat untuk tidak memberi foto dan nomor KTP sembarangan. Tweet tersebut diposting pada bulan Maret lalu. Hal ini disebabkan untuk mencegah penyalahgunaan data pribadi untuk kejahatan siber.

Baca juga, Hati-Hati Penipuan Berkedok Cinta di Medsos, Begini Cara Menghindarinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here