Tips Merawat Kulit dengan Produk Kecantikan Lokal

0
237
Tips Merawat Kulit
Foto: Unsplash/Kevin Laminto

Shopee Indonesia kembali menggelar BincangShopee 9.9 Super Shopping Day: Potensi Produk Kecantikan Lokal di Era Modern. Dalam acara tersebut, mereka membagikan tips merawat kulit dengan produk kecantikan lokal.

Bersama Abel Cantika, Clauida Christin dan Irene Ursula, acara yang dilakukan secara virtual ini juga membahas seputar perkembangan tren di industri kecantikan lokal dan potensinya di tengah era modern. 

Seperti yang kita ketahui, industri kecantikan merupakan salah satu industri yang tidak berhenti berkembang dan berevolusi hingga hari ini. Di tengah pandemi ini, kita diharuskan melakukan lebih banyak akitvitas di rumah.

Hal tersebut otomatis membuat gaya hidup kita berubah. Peran industri kecantikan dalam perubahan ini adalah dengan menyediakan produk perawatan kulit yang dikenal dengan skincare.

Tips Merawat Kulit
Foto: doc. Shopee

Besar nya potensi yang ditawarkan oleh industri kecantikan disambut dengan semakin banyak nya produk kecantikan dari brand-brand lokal yang berlomba-lomba menghadirkan berbagai inovasi produk untuk menjawab setiap permasalahan kulit. Tidak hanya menghadirkan produk yang unik dan menarik, kualitas yang ditawarkan serta kandungan bahan baku, bahan aktif hingga teknologi yang digunakan dapat bersaing dengan produk asing. 

“Di saat yang sama, dengan terus berkembangnya tren perawatan kulit belakangan ini, kami ingin memberikan ruang bagi pengguna untuk mengetahui lebih dalam mengenai informasi serta tips seputar dunia skincare. Kami harap inisiatif dalam menyambut hari puncak 9.9 Super Shopping Day dapat semakin mengedukasi masyarakat akan besarnya potensi produk kecantikan lokal dan bersama kita dapat menggerakan roda perekonomian Indonesia,” ujar Putri Lukman, selaku Head of FMCG Shoopee Indonesia. 

Dengan adanya kewajiban menggunakan masker turut menciptakan permasalahan kulit baru, yaitu maskne atau mask acne yang meningkatkan kebutuhan masyarakat akan produk skincare sebagai solusi untuk mengatasinya. 

Tips Merawat Kulit
Foto: doc. Shopee

Berikut adalah tips merawat kulit yang dibagikan oleh Claudia Christin (Ph, D. Dermatology) bersama dengan Abel Cantika (Beauty Influencer) pada Bincang Shopee 9.9 Shopping Day:Potensi Produk Kecantikan Lokal di Era Modern hari ini (2/9).

Ketahui jenis kulit

Tips merawat kulit yang pertama adalah mengetahui jenis kulit. Mengetahui jenis kulit juga merupakan hal terpentin sebelum kamu memilih produk skincare.

Terdapat tiga jenis kulit yaitu berminyak, kering ataupun kombinasi. Untuk mengetahui ini, kalian bisa mencoba metode The Bare-faced, Mid-day check, atau Photo check. Tidak lupa untuk perhatikan apakah kulitmu mudah bereaksi terhadap beberapa bahan dalam produk (Sensitive) atau tidak mudah bereaksi (Resilient)

Ketahui kebutuhan kulit

Setiap individu memiliki permasalahan kondisi kulit serta tujuan atau goal yang berbeda. Temukan apa permasalahan kulitmu antara lain seperti berjerawat, hyperpigmentation, kulit tampak kusam, kulit kemerahan, kulit kering atau kerutan halus. Setelah itu, tentukan apa tujuan yang ingin kamu dapatkan untuk kulitmu melalui perawatan yang dilakukan.

Cari solusi yang sesuai

Dengan perkembangan zaman, varian produk, bahan baku serta aktif hingga teknologi yang digunakan semakin beragam. Pelajari terlebih dahulu aspek dari produk yang cocok untuk jenis kulit serta goal yang ingin didapatkan. Mulai dari bahan hingga tekstur. Jika memiliki kulit berminyak, disarankan untuk memilih produk dengan tekstur yang ringan dan tidak terlalu melembabkan. Apabila kamu memiliki kulit kering, produk yang cocok adalah produk dengan tekstur yang lebih tebal atau creamy.

Tentukan kandungan yang sesuai dengan kondisi kulitmu

Saat ingin memilih produk, perhatikan bahan aktif yang ada dalam produk tersebut. Setiap bahan aktif dapat menjawab permasalahan kulit yang berbeda. Untuk menghilangkan jerawat, kamu bisa mencari produk skincare yang mengandung Salicylic Acid (BHA), AHA, atau Retinol. Jika kamu ingin melembabkan kulit yang dehidrasi, produk skincare dengan kandungan Hyaluronic Acid, Ceramides, atau Propolis akan cocok untuk kulitmu.

Ketahui lebih dalam mengenai bahan aktif tersebut

Setelah menentukan bahan aktif apa yang dapat menjawab permasalahan atau kondisi kulit mu, kalian harus mempelajari lebih dalam. Hal ini perlu dilakukan karena terdapat bahan-bahan yang tidak boleh dikombinasikan atau dapat menyebabkan iritasi kulit. Seperti jangan menggunakan produk yang memiliki bahan aktif Retinoids, Vitamin C, AHA, BHA & Benzoyl Peroxide secara bersamaan. Hal ini karena setiap kandungannya memiliki potensi untuk mengiritasi kulit.

Tentukan rutinitas perawatan kulit pagi & malam 

Perawatan kulit atau skincare adalah hal yang personal, maka dari itu rutinitas yang dimiliki setiap individu itu biasanya berbeda. Tidak hanya berangkat dari jenis, kondisi kulit serta tujuan nya, tetapi preferensi skincare step layering pun berbeda-beda. Skincare step yang basic adalah Cleanser, Toner, Serum, Eye cream dan Moisturizer. Untuk siang jangan lupa untuk menambahkan Sunscreen di akhir ya! Perbedaan skincare routine setiap individu terdapat dalam teknik layering hingga perbedaan kandungan toner maupun serum yang disesuaikan dengan kondisi kulit masing – masing.

Cari rekomendasi produk lokal yang sesuai dengan kebutuhanmu!

Produk-produk lokal saat ini sangat beragam dan mengandung berbagai bahan aktif dengan kualitas terbaik! Setelah mengetahui bahan aktif yang cocok untuk jenis kulitmu hingga skincare routine saat pagi dan malam hari, coba cari tahu rekomendasi produk lokal yang cocok dengan kebutuhanmu!

Atur pengeluaran untuk perawatan kulit setiap bulannya!

Kebutuhan perawatan kulit memang tidak sedikit. Berbagai produk-produk inovatif terus hadir untuk menjawab setiap kebutuhan kulit. Merawat kulit memang penting, tetapi harus disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Tulis produk-produk yang kamu butuhkan dan temukan solusi terbaik dengan memanfaatkan penawaran di Shopee!

Manfaatkan penawaran terbaik untuk mendapat keuntungan yang maksimal

Perawatan kulit tidak harus mahal. Selain karena saat ini sudah banyak opsi produk skincare lokal yang terjangkau,kamu juga bisa menikmati penawaran terbaik dari Shopee setiap harinya. Khusus pada puncak kampanye 9.9 Super Shopping Day, kamu bisa mengakses rangkaian produk skincare lokal, mulai dari Face Wash, Sheet Mask, Eye Cream, dan masih banyak lainnya dengan Voucher Diskon s/d 99RB dan Gratis Ongkir Rp0 Seharian.

Baca juga, Tips Bikin Foto OOTD ala Marsha Aruan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here