Pengguna WhatsApp iOS Bisa Pindahkan Chat Ke Ponsel Samsung

0
130
Chat WhatsApp
Foto: Unsplash/Jeremy Bezanger

WhatsApp akhirnya menambahkan kemampuan bagi pengguna iOS untuk memindahkan chat mereka ke ponsel Samsung. Setelah Samsung mengumumkannya dalam acara Unpacked bulan Agustus lalu.

Sebelum kemampuan ini diluncurkan, pengguna WhatsApp tidak dapat memindahkan riwayat chat mereka karena ruang penyimpanan yang berbeda. Pengguna iOS menyimpan chat mereka di iCloud, sementara pengguna Android di Google Drive. Jadi, hal tersebut tidak bisa saling berhubungan.

Dilansir dari The Verge, WhatsApp menyatakan bahwa ketika Paradiva berpindah dari iPhone ke perangkat Samsung. Kamu dapat mentransfer informasi akun, foto profil, chat pribadi, chat grup, riwayat chat, media dan pengaturan. Kamu tidak dapat mentransfer riwayat panggilan atau nama tampilan kamu.

Selain itu, kamu hanya dapat melakukan pemindahan selama penyiapan awal perangkat Samsung baru kamu. Ini artinya, kamu hanya dapat melakukan pemindahan chat pada ponsel baru.

Instruksi WhatsApp sendiri pun menyatakan bahwa “perangkat Android baru kamu harus memiliki factory new atau reset to factory settings“. Pengguna mau tidak mau harus melakukan reset factory jika perangkat Android telah beroperasi.

iPhone lama harus memiliki WhatsApp iOS versi 2.21.160.17 atau lebih baru dan ponsel Samsung baru harus memiliki WhatsApp Android versi 2.21.16.20 atau lebih baru. Perangkat baru harus menginstall aplikasi Samsung SmartSwitch versi 3.7.22.1 atau yang lebih baru. Transfer dilakukan melalui kabel USB-C ke Lightning, jadi kamu juga memerlukan salah satunya.

Cara Memindahkan Chat WhatsApp Dari iPhone ke Samsung

  1. Nyalakan perangkat Samsung kamu dan sambungkan dengan kabel ke iPhone kamu.
  2. Ikuti instruksi yang terdapat pada Samsung Smart Switch.
  3. Scan kode QR yang ditampilkan pada perangkat Samsung baru menggunakan kamera iPhone.
  4. Klik Start di iPhone kamu dan tunggu prosesnya selesai.
  5. Lanjutkan pengaturan pada perangkat Samsung terbaru kamu.
  6. Setelah home screen-mu muncul pada layar, buka WhatsApp dan log in menggunakan nomor yang kamu gunakan pada ponsel lama.
  7. Pilih Import dan biarkan prosesnya selesai.
  8. Selesaikan aktivasi perangkat baru kamu. Chat WhatsApp-mu akan tersedia pada ponsel.

Setelah selesai dipindahkan, iPhone lama kamu akan tetap memiliki datamu kecuali kamu menghapus WhatsApp atau menghapus perangkat sepenuhnya. Data yang ditransfer tidak masuk ke dalam penyimpanan cloud setelah dipindahkan dan WhatsApp mengatakan tidak dapat melihat data yang kamu transfer.

Baca juga, Aplikasi WhatsApp Bakal Hadir dalam Versi iPad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here