Mode Offline Google Drive Diluncurkan untuk Semua Pengguna, Begini Cara Kerjanya

0
156
Mode offline Google Drive
Foto: Unsplash/Sigmund

Mode Offline untuk Google Drive akhirnya diluncurkan untuk semua pengguna. Mode ini telah tersedia untuk pengguna web.

Dilansir dari BGR, Google Drive adalah salah satu pilihan teratas dalam hal penyimpanan cloud. Google pun terus mengembangkan aplikasi untuk meningkatkan pengalamannya secara keseluruhan. Perusahaan mengumumkan perubahan besar hanya beberapa bulan lalu.

Aplikasi cloud milik Google ini akhirnya mendapatkan perombakan besar-besaran untuk versi desktopnya. Salah satunya adalah dengan menghadirkan mode offline untuk para penggunanya.

Mode offline Google Drive ini tersedia untuk pengguna web. Mode ini memungkinkan Paradiva untuk tetap mengakses file dan dokumen walaupun tanpa koneksi internet.

Sifat komputasi modern menjadikan penyimpanan cloud ini sebagai bagian integral dari keseluruhan pengalaman. Baik itu untuk pekerjaan atau pribadi, cloud sendiri adalah sesuatu yang kita anggap remeh di berbagai perangkat.

Produk seperti Google Drive memungkinkan kamu untuk berbagi file dengan mudah kepada orang lain. Cloud juga memungkinkan kamu mengakses file di semua jenis perangkat, termasuk smartphone, tablet dan komputer.

Jika tidak ada internet atau koneksi kamu bermasalah, maka layanan cloud tidak akan berfungsi. Baik itu Google Drive, iCloud, OneDrive atau layanan cloud lainnya. Mereka memerlukan koneksi aktif.

Dari situlah, mode offline Google Drive berguna. Fitur ini akan memungkinkan kamu menandai file penting untuk akses offline.

Cara Kerja Mode Offline Google Drive

Google baru saja memposting blog baru seputar Workspace Updates terkait fitur offline pada Google Drivenya. Sebelumnya, Google memulai program beta pada tahun 2019 yang memungkinkan pengguna Drive untuk menandai jenis file non-Google yang terseida secara offline saat menggunakan Google Drive di web.

Fungsionalitas ini akan tersedia secara umum. “Ketika kamu menandai file-file ini tersedia secara offline, kamu dapat dengna mudah membuka file tersebut dari borwser kamu bahkan ketika kamu tidak terhubung ke internet,” kata Google.

Dalam postingan tersebut, Google juga menyatakan bahwa “file non-Google seperti PDF, gambar dan file Micorosft Office perlu dibuka mengugnakan aplikasi yang diinstal pada komputer kamu melalui Google Drive web saat offline.” Google akan menautkan ke dokumen dukungan yang menjelaskan cara kerja melihat dan membuka file saat Google Drive memiliki koneksi terbuka yang aktif.

Kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Mode Offline Google Drive
Foto: doc. Google

Jika Google Drive dalam keadaan offline, kamu dapat membuka file non-Google menggunakan aplikasi yang telah kamu install di perangkat kamu.

Baca juga, Bikin Video Call Lebih Seru, Begini Cara Ubah Suara Di Google Meet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here