Tips Sukses Jadi UMKM Maker dan Reseller Lokal Lewat Tokopedia

0
Reseller Lokal Tokopedia
Ikan Asin Medan//Foto: doc.Tokopedia

Lewat e-commerce paling populer di kalangan UMKM, Tokopedia, para UMKM maker dan reseller lokal bisa menjadi sukses untuk pulihkan ekonomi nasional.

Pasalnya, para UMKM menilai Tokopedia unggul dalam memberikan manfaat, antara lain membuka akses terhadap pasar nasional, memberi dukungan terhadap produk atau UMKM lokal dan memberikan pendampingan serta edukasi kepada penjual.

Seperti yang disampaikan Puput Hidayat, selaku AVP of Product Tokopedia, “Ini dikarenakan Tokopedia dinilai memberikan frekuensi transaksi tersering, memiliki kualitas fitur terbaik yang mudah dioperasikan oleh penjual hingga memberikan omzet penjualan terbesar bagi para UMKM.”

Di sisi lain, data internal Tokopedia mencatat kini ada lebih dari 11 juta penjual di platform nya dan hampir 100% UMKM. “UMKM lokal di Tokopedia terdiri dari maker (produsen) maupun reseller. Mereka sama sama berkontribusi pada perekonomian digital,” jelas Puput.

Puput menambahkan bahwa UMKM yang punya kanal digital dinilai lebih tangguh menghadapi pandemi.

Mereka berhasil mempertahankan bisnis sekaligus menjaga ketersediaan lapangan pekerjaan lewat pemanfaatan platform teknologi. Songket PaSH dan Ikan Asin Medan adalah contohnya.

Raih Omzet Ratusan Juta Lewat Tokopedia, Simak Tips Jadi Maker atau Reseller

Produsen Songket PaSH, Kiagus Adit dari Palembang, menyatakan, “Meski penjualan sempat menurun hingga 60% di awal pandemi, pemanfaatan platform Tokopedia membuat penjualan kami kembali stabil. Omzet kami kini bisa mencapai puluhan juta rupiah setiap bulan.”

Tas Songket PaSH//Foto: doc. Tokopedia

 

Adit pun memberikan tips untuk UMKM khususnya maker dalam berjualan, “Pertama, cari tahu produk yang paling laku, lalu lakukan analisis kompetitor untuk menentukan harga jual. Setelah itu ciptakan brand awareness, salah satunya dengan beriklan lewat fitur yang tersedia, misal TopAds, atau pasang harga lebih murah. Kecepatan dalam merespon chat pelanggan juga menjadi kunci.”

Songket PaSh//Foto: doc: Tokopedia

Selain itu ada juga pemilik Ikan Asin Medan, Tanoto Frans, UMKM reseller yang memberdayakan puluhan nelayan Medan, mengungkapkan, “Lebih dari 85% penjualan kami berasal dari Tokopedia. Omzet bulanan kami kini mencapai ratusan juta rupiah.”

Pemilik Ikan Asin Medan, Tanoto Frans//Foto: doc. Tokopedia

Frans juga membagikan tips jualan sebagai UMKM reseller, “Harus teliti memilih supplier yang tepat agar kualitas produk selalu terjamin karena supplier tersebut akan menjadi mitra jangka panjang penjual. Kita juga harus memahami kebutuhan masyarakat dan tidak berhenti berinovasi.”

Tokopedia di sisi lain aktif memberikan pendampingan serta materi edukasi bagi UMKM lokal. Contohnya lewat Pusat Edukasi Seller, Sekolah Kilat Seller hingga media sosial.

Juga lewat berbagai panggung yang membantu UMKM menjangkau lebih banyak masyarakat, seperti Bangga Buatan Indonesia, TokoMart, Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan masih banyak lagi.

Berbagai inisiatif tersebut turut mendongkrak kategori Kesehatan dan Perawatan Diri, Fashion, Kecantikan, Ibu dan Anak serta Fesyen Anak dan Otomotif menjadi beberapa kategori dengan peningkatan transaksi paling pesat di Tokopedia selama kuartal II/2021.

Baca juga, Tokopedia Bagikan Tips Menabung untuk Kaum Milenial


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan