5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Dengan Kamera Smartphone

0
189
Kamera Smartphone
Foto: Unsplash/Dayne Topkin

Kamera smartphone yang kita miliki dapat digunakan lebih dari sekadar untuk memotret momen bersama teman atau pemandangan indah yang kita temui. Lebih dari itu, setidaknya ada 5 hal yang bisa kamu lakukan dengan kamera smartphone.

Dilansir dari Popsci, dengan aplikasi yang tepat kamera yang Paradiva miliki dapat melakukan berbagai macam aktivitas. Mulai dari menerjemahkan teks hingga memindai dokumen.

Menerjemahkan Teks Berbahasa Asing

Dengan aplikasi terjemahan biasa, kamu harus mengetuk teks dalam bahasa asing dan kemudian mengubahnya ke dalam bahasa Indonesia. Atau, sebaliknya.

Kini, kamu dapat memanfaatkan fitur scan dalam aplikasi untuk menerjemahkan dokumen dengan kamera ponsel. Dengan fitur ini, kamu dapat langsung melihat terjemahannya.

Kamu dapat menggunakan trik ini dalam ponsel apapun dengan aplikasi Google Translate. Tentu, kamu dapat menggunakannya dengan gratis. Aplikasi ini tersedia untuk ponsel Android dan iOS.

Setelah kamu mengunduh aplikasi tersebut, buka dan pilih bahasa yang kamu inginkan. Kamu dapat melakukannya melalui menu drop-down pada bagian atas layar.

Lebih lanjut, kamu dapat memilih opsi Detect Language agar aplikasi membantu pekerjaanmu. Kemudian, ketuk Camera > Instant. Lalu, arahkan kamera ponselmu ke teks yang ingin kamu terjemahkan.

Menjelajahi Langit Malam

Menatap bintang di malam yang cerah mungkin mimpi bagi kita yang hidup di daerah perkotaan. Akan tetapi, kamu dapat menjadikan pengalaman tersebut lebih baik dengan mengidentifikasi titik cahaya yang mana.

Tentunya juga dengan bantuan aplikasi yang tepat, kamera ponsel kamu dapat digunakan sebagai panduan bintang. Arahkan ke langit dan hamparan visual akan memberi tahu kamu apakah objek yang kamu lihat.

Aplikasi yang dapat kamu gunakan adalah Star Walk 2 yang tersedia untuk perangkat Android maupun iOS. Aplikasi ini menawarkan desain yang lebih bagus dan lebih banyak fitur daripada aplikasi serupa.

Itu bergantung pada lokasi kamu dana masukan dari giroskop internal ponsel untuk menentukan rasi bintang, satelit yang lewat dan objek lainnya. Kamu juga dapat menggunakannya untuk membaca tentang kosmos melihat model konstelasi 3D dan melihat bagaimana langit malam berubah saat kamu bergerak maju atau mundur dalam waktu.

Aplikasi ini dapat kamu gunakan secara gratis. Atau kamu dapat berlangganan sebesar $3.

Mendigitalkan Dokumen Kertas

Kita masih membutuhkan berbagai dokumen kertas. Seperti Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, hingga Ijazah.

Dokumen tersebut tidak mungkin kita bawa sehari-hari. Namun, kita dapat mengubahnya dalam bentuk digital untuk disimpan dalam perangkat kita.

Berkat kamera ponsel, kamu dapat melakukan scan pada dokumen kertas yang kamu miliki. Lalu, mengubahnya ke dalam bentuk PDF.

Meskipun kamu dapat selalu mengambil foto dan menyimpannya dalam Gallery secara default, ada aplikasi khusus yang menyediakan fitur tambahan seperti pemotongan otomatis dan bahkan pengenalan teks.

Kamu dapat menggunakan Google Drive dan Dropbox untuk melakukannya. Untuk Google Drive pada ponsel Android, kamu dapat melakukan scan dokumen. Akan tetapi, untuk iOS tidak.

Untuk melakukannya pada aplikasi Googlde Drive di Android, klik ikon plus > Scan. Sebagai bonus, aplkasi ini juga menawarkan pengenalan karakter optik otomatis.

Dropbox juga menyediakan layanan serupa. Kamu dapat menggunakannya dengan memilih opsi ikon Plus > Scan dokumen yang kamu inginkan.

Mencari Informasi

Dengan sedikit bantuan dari teknologi Google Lens, kamu dapat mengambil gambar apapun dan menerima informasi terkati objek tersebut. Untuk menggunakan trik ini, gunakan Google Photo untuk membuka gambar apapun lalu klik tombol Google Lens pada bagian bawah layar.

Jika kamu memliki ponsel Gogle Pixel, kamu juga dapat mengakses Lens melalui Google Assistant. Klik tombol Assistant di ujung kanan search bar Google, lalu ketuk tombol Google Lens di kanan bawah dan arahkan kamera kamu ke target foto.

Klik layar untuk mengonfirmasi bahwa item dalam gambar adalah item yang ingin kamu pelajar. Lalu, informasi tersebut akan muncul pada layar.

Akses Situs Web

Memotret kode QR akan emmberi kamu jalan pintas untuk membuka situs web. Kamu akan menemukan kode QR pada menu, kemasan, poster, brosur, alat tulis dan item lainnya.

Miaslnya, scan salah satu kotak QR code pada iklan majalah dapat mengarahkan kamu ke situs web dengan informasi lebih lanjut tentang item tersebut atau membuka diskon online khusus.

Untuk iPhone dan Android, pengguna dapat membuka aplikasi kamera default, mengarahkan handset ke kode QR. Lalu, melihat notifikasi yang muncul. Klik untuk membaca lebih lanjut, termasuk URL tersembunyi.

Baca juga, 5 Cara Menampilkan Tayangan dari OPPO Reno6 ke Layar TV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here