5 Tips Jaga Kesehatan Mental ala Tokopedia

0
Kesehatan Mental
Foto: Unsplash/Shashi Chaturvedula

5 tips jaga kesehatan mental ala Tokopedia. Tips ini dibagikan berdasarkan psikolog klinis dewasa, Nago Tejena, M.Psi.

Bertepatan dengan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia pada 10 Oktober 2021, Tokopedia dan Nago Tejena memberikan 5 tips menjaga kesahatan mental. Pasalnya, hal tersebut patut kita jaga di samping kesehatan fisik.

Kesehatan Mental
Foto: Tokopedia

Menurut Psikolog Klinis Dewasa, Nago Tejena, M.Psi, kesehatan mental perlu diperhatikan dan dijaga, terutama di tengah pandemi. Misalnya dengan melakukan hobi, menjaga hubungan yang sehat dengan orang lain, berdamai dengan keadaan dan masih banyak lagi.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, mengungkapkan, “Pandemi mendorong masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah, contohnya berolahraga. Hal ini terlihat dari kategori Olahraga dan Hobi menjadi salah satu kategori di Tokopedia yang terus mengalami kenaikan selama kuartal III 2021.”

Tips Menjaga Kesehatan Mental ala Tokopedia dan Nago Tejana

Ada setidaknya 5 kegiatan yang dapat kamu lakukan di rumah untuk menjaga kesehatan mental. Simak terus ya, Paradiva!

Kurangi Penggunaan Media Sosial

“Terlalu sering membuka media sosial bisa membuat kita menjadi mudah cemas karena informasi yang masuk berlebih dan di luar batas kemampuan kita untuk mengendalikannya,” jelas Nago. 

Nago menyarankan, “Saat membuka media sosial atau internet, mencari berita itu memang perlu. Namun jangan lupa juga untuk mencari hal-hal lain yang lebih menyenangkan, menghibur atau menginspirasi agar suasana hati lebih tenang.”

Memasak Bersama Keluarga

Hobi memasak semakin digemari masyarakat di tengah pandemi. “Fungsi memasak bukan cuma untuk sebagai hiburan atau pengalihan. Memasak bisa membantu kita untuk tetap produktif, sehingga tidak hanya pasif lantaran dipaksa pandemi,” ujar Nago.

Bahkan banyak yang memulai bisnis daring makanan dan minuman dari rumah. “Terlihat dari jumlah UMKM lokal yang berjualan makanan dan minuman lewat Tokopedia Nyam meningkat lebih dari 4x lipat selama Juli 2021 dibanding periode yang sama tahun lalu,” tutur Ekhel.

Percantik Halaman dengan Berkebun

Selain menambah estetika serta kesejukan rumah, berkebun juga bermanfaat untuk menyegarkan pikiran, sehingga menjadi salah satu hobi banyak masyarakat selama pandemi.

“Berkebun memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan mental kita. Kita bisa melatih konsentrasi, menata dengan mindful, serta kembali terkoneksi dengan alam yang mungkin selama ini kita tinggalkan,” jelas Nago.

Melakukan Olahraga di Rumah 

Selain membuat tubuh lebih bugar, olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan mental. “Matras senam, pakaian olahraga serta alat olahraga yang dapat digunakan di rumah menjadi produk olahraga paling diburu masyarakat di kategori Olahraga di Tokopedia belakangan ini,” tambah Ekhel.

Bila Rasa Cemas Berlarut, Hubungi Ahli

Menurut Nago, gangguan kecemasan berlebih yang telah mengganggu pola hidup atau membuat selalu gelisah menjadi tanda seseorang perlu bantuan profesional.

“Meminta bantuan profesional kesehatan mental bukanlah suatu hal yang memalukan. Justru langkah tersebut adalah bukti bahwa kita peduli dan sadar akan pentingnya menjaga diri,” tutup Nago.

Baca juga, Tokopedia Bantu UMKM Dapat Izin Usaha Secara Online


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan