Tersembunyi, Ini 4 Fitur Telegram yang Wajib Kamu Ketahui

0
Telegram
Foto: Unsplash/Chrisitan Wiediger

Tersembunyi, ini 4 fitur Telegram yang wajib kamu ketahui. Fitur-fitur ini membedakan platform tersebut dengan aplikasi pengiriman pesan lainnya, seperti WhatsApp atau LINE.

Mulai dari sistem keamanan yang menjanjikan, fitur permainan yang seru, hingga fitur pesan rahasia yang cocok buat kamu  yang takut ketahuan oleh teman-teman saat chatting dengan mantanmu – Telegram punya banyak hal  yang kamu butuhkan untuk pengalaman chatting yang luar biasa. 

Meskipun begitu, Telegram ternyata masih punya beberapa fitur lain yang tak kalah menariknya, lho! Selain fitur-fitur unik yang mungkin kamu sudah tahu sebagaimana telah disebutkan sebelumnya,  Telegram masih punya empat ‘harta karun’ rahasia yang masih belum banyak diketahui. Penasaran? Yuk,  pelajari selengkapnya untuk mendapatkan user experience yang lebih baik lagi. 

4 Fitur Tersembunyi Telegram

Cari teman baru lewat fitur Find People by Location 

Kalau kamu ingin memperluas jaringan dan mendapatkan teman online baru, fitur ini pas banget  buat kamu! Telegram mengizinkan pengguna untuk menemukan grup dan teman yang baru dari  lokasi sekitarmu. Meskipun begitu, pengguna dan grup harus mengaktifkan fitur ini juga agar bisa  ditemukan. Jadi, apabila grup atau pengguna yang kamu cari belum mengaktifkan fitur ini, kamu  belum bisa menemukan mereka lewat Telegram, ya. 

Untuk menggunakan fitur ini, masuk ke tab Contacts dan berikan izin lokasi saat ditanyakan.  Mudah, bukan? Kalau kamu butuh seseorang untuk sekadar menemani minum kopi atau mungkin  sebuah ‘kencan’ Telegram, kamu tinggal nyalakan fitur ini dan kamu siap beraksi!

Atur pesan masuk di grup dengan fitur Slow Mode 

Apabila kamu sudah familiar dengan grup Telegram, kamu pastinya tahu bahwa Telegram  mengizinkan penggunanya untuk menambahkan anggota grup hingga 200.000 orang. Dengan  adanya fitur ini, kamu tentunya bisa membayangkan berapa banyak pesan yang mungkin kamu  dapatkan tiap harinya dari satu grup saja. Oleh karena itu, agar pengguna tidak merasa  overwhelmed, admin grup mempunyai opsi ‘Slow Mode’, yakni suatu fitur untuk menjadwalkan  waktu tertentu bagi anggota grup sebelum mereka bisa mengirimkan pesan berikutnya ke grup  tersebut. 

Untuk mengaktifkan fitur ini, masuk ke grup yang kamu miliki dan klik Edit > Permissions. Kemudian, pilih durasi yang diinginkan di bagian bawah halaman. Fitur ini mempermudah admin  grup untuk mengelola grup-grup mereka agar lebih efisien, namun masih nyaman digunakan.

Ketinggalan meeting hari ini? Tenang, video meeting bisa direkam, lho!

Kita semua tahu bahwa situasi Covid-19 di berbagai negara di dunia perlahan menjadi semakin  baik, namun kalau kamu masih dalam situasi Work-From-Home atau mungkin terlalu skeptis  untuk pergi lagi ke luar rumah, bisa jadi kamu masih seringkali terjebak dengan online meeting.

Selain banyak platform online meeting yang biasa digunakan, seperti Zoom, Google Meet, dan  Microsoft Teams, kamu tahu nggak kalau kamu juga bisa mengadakan online meeting lewat  Telegram dengan sangat mudah? Bahkan, tidak hanya kamu bisa menjadwalkan online meeting lewat grup Telegram, kamu juga bisa merekam dan mengirimkan rekaman meeting tersebut ke  tiap teman atau kolega yang kamu kenal di Telegram. 

Untuk menggunakan opsi ini, klik tombol Chat dan tekan simbol mikrofon. Sebelum menggunakan  fitur ini, pastikan kamu sudah memberikan izin akses aplikasi Telegram untuk mengirim gambar  dan video.

Anti kehilangan data-data penting dengan fitur Private Channel 

Terakhir, Telegram juga menawarkan suatu fitur unik yang tidak dimiliki oleh aplikasi pengiriman  pesan lainnya: membuat channel privat yang dapat dipersonalisasi. 

Sebagaimana kita ketahui, Telegram memiliki fitur channel yang mengizinkan pengguna untuk  menyebarkan informasi ke siapa saja tanpa menerima respon atau pesan balik dari para channel  subscribers. Channel ini biasanya dapat diakses secara publik, namun apabila kamu membutuhkan  fitur yang memungkinkan kamu untuk menyimpan data atau pesan penting apa pun, misalnya, fitur ini cocok banget untuk kamu. 

Untuk membuat channel privat, tiap pengguna mungkin memiliki instruksi yang berbeda  tergantung tipe device yang digunakan. Secara singkat, cara mengaktifkan fitur ini adalah sebagai  berikut: 

  1. iPhone: Masuk ke tab Chats, klik opsi New Message di sudut kanan atas aplikasi dan  pilih opsi New Channel. 
  2. Android: Masuk ke Chats dan klik simbol pensil dan pilih ‘New Channel’ dari daftar  pilihan yang tersedia. 
  3. Desktop: Ketuk menu ‘hamburger’ di sudut kiri atas dan pilih opsi ‘New Channel’. 

Sebagai aplikasi pengiriman pesan yang populer, Telegram terus menawarkan inovasi-inovasi baru lewat  fitur-fiturnya, yang membuat aplikasi menjadi lebih menyenangkan, mudah, dan unik digunakan. Jadi,  bagaimana menurutmu? Kalau kamu adalah pengguna setia Telegram, apakah kamu sudah sempat  mendalami fitur-fitur ‘tersembunyi’ tersebut? Atau kalau kamu adalah pengguna baru, bagaimana kamu  akan mengoptimalkan user experience-mu dengan fitur-fitur keren dari Telegram tersebut? Selamat  mencoba. 

Baca juga, Facebook Alami Gangguan, Telegram Tambah 70 Juta Pengguna Baru


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan