Cara Cek Nomor NIK KTP dan KK Sebelum Daftar Simcard Baru

0
129
Cara Cek Nomor NIK dan KK
Foto: Unsplash/Oliur

Untuk mendaftarkan nomor simcard baru, operator pasti meminta nomor NIK KTP dan KK. Namun, ternyata NIK dan KK tersebut sering disalahgunakan oleh orang lain sehingga menyebabkan kita tak dapat menggunakannya lagi.

Sebuah utas di Twitter milik akun @MrOngDedy berbagi seputar bagaimana cara cek nomor NIK KTP dan KK yang disalahgunakan orang lain. Dalam kasusnya, nomor NIK KTP dan KK yang ia miliki tak lagi dapat dipakai karena telah terdaftar oleh nomor-nomor asing yang bukan miliknya.

Ternyata, satu nomor NIK KTP hanya boleh didaftarkan kepada 3 nomor simcard saja pada masing-masing nomor. Oleh karena itu, kita sebaiknya melakukan pengecekan untuk mengetahui apakah nomor NIK KTP dan KK kita disalahgunakan oleh orang lain.

Berikut adalah cara yang dapat kamu ikuti untuk melakukan cek NIK kTP dan KK sebelum melakukan pendaftaran pada simcard baru. Simak ulasannya ya, Paradiva!

Cara Cek NIK KTP dan KK untuk Daftar Simcard Baru

Telkomsel

Bagi pelanggan Telkomsel, Paradiva bisa mengetik *444# dari nomor prabayar. Lalu, pilih angka 2 untuk Status. Masukkan nomor NIK KTP.

Setelah itu, informasi akan dikirimkan melalui SMS. Jika ada nomor tak dikenal, solusinya membawa KTP dan KK ke Grapari terdekat.

Tri (3)

Cara cek:

https://registrasi.tri.co.id/unreg

Untuk melakukan pengecekan, butuh satu nomor Tri yang masih aktif dan bisa menerima kode (OTP) via SMS. Jika ditemukan nomor tak dikenal, bisa langsung pilih opsi hapus.

XL

Bagi pelanggan XL, Paradiva bisa mengetik *123*4444# kemudian tekan angka 1 cek nomor. Jika ada nomor tak dikenal, solusinya harus memmabwa KTP dan KK ke XL Center terdekat.

Indosat

Kunjingi laman myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/. Jika ditemukan nomor tak dikenal, Paradiva harus membawa KTP dan KK ke Gerai Indosat terdekat.

Smartfren

Kunjingi laman ini. Paradiva harus memiliki nomor Smartfren prabayar. Jika ada nomor tak dikenal, nampaknya harus membawa KTP dan KK ke kantor Smartfren untuk dihapus.

Axis

Untuk melakukan pengecekan, kamu bisa mengunjungi laman ini. Informasi yang akan kamu dapatkan hanya seputar nomor X terdaftar untuk NIK KTP-mu. Solusi untuk menghapusnya, Paradiva sebaiknya menghubungi Call Center untuk langkah selanjutnya.

Baca juga: Tips Menggunakan Galaxy Z Fold 3 untuk Workcation

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here