Begini Cara Melaporkan Postingan Berisi Data Pribadi di Instagram

0
84
Melaporkan Postingan Instagram
Unsplash/Solen Feyissa

Instagram memungkinkan pengguna untuk report atau melaporkan postingan yang mengandung penyebaran data pribadi atau dirasa melanggar hak privasi. Gadgetdiva sudah merangkumnya khusus untuk kamu.

Sebelum melaporkannya, Paradiva harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis laporan apa saja yang dapat diterima oleh Instagram. Di antaranya adalah postingan yang mengandung spam, ketelanjangan, ujaran atau simbol kebencian, bahasa rasis, organisasi kekerasan, perundungan atau pelecehan, menjual barang ilegal, pelanggaran hak kekayaan intelektual, serta bunuh diri atau melukai diri.

Kamu juga bisa melaporkan profil karena memposting konten yang dilarang, berpura-pura menjadi orang lain, atau menyangkut anak berusia di bawah 13 tahun. Pelaporan yang kamu kirim nantinya akan bersifat anonim, kecuali jika kamu melaporkan pelanggaran kekayaan intelektual.

Lebih lanjut, jika kamu melaporkan pelanggaran kekayaan intelektual. Akun yang kamu laporkan tidak akan tahu siapa yang melaporkannya.

Cara Melaporkan Postingan Berisi Data Pribadi di Instagram

Ada beberapa langkah yang dapat Paradiva ikuti di bawah ini untuk melaporkan postingan berisi data pribadi atau melanggar hak privasi di Instagram. Simak ya, Paradiva.

Untuk melaporkannya, Paradiva dapat membuka laman pelaporan Instagram ini. Lalu, laman tersebut akan menampilkan beberapa pernyataan mudah yang dapat kamu lakukan.

Pertama-tama, Instagram akan memastikan terlebih dahulu apakah kamu memiliki akun Instagram. Pilih opsi ‘Ya’ untuk melanjutkan pelaporan.

Selanjutnya, kamu akan diberi pertanyaan kedua berisi ‘Apakah Anda sudah meminta orang yang membagikan foto ini agar menghapusnya?’ Pilih opsi ‘Ya’, jika akun yang bersangkutan belum menanggapi atau menghapusnya.

Ketiga, kamu akan ditanya apakah kamu memiliki link konten yang ingin kamu laporkan. Pertanyaan selanjutnya adalah  konten tersebut berisi foto atau video. Pilih salah satu.

Langkah berikutnya, kamu akan diminta untuk menyantumkan link konten yang ingin dilaporkan. Copy dan Paste pada kolom yang tertera.

Terakhir, Instagram akan memastikan siapa yang berada dalam konten tersebut. Ada dua opsi yang disediakan, kamu sendiri atau anak di bawah umur. Pilih salah satu dari di antara pilihan yang sesuai dengan pelaporanmu. Lalu, klik tombol ‘kirim’.

Facebook akan meminta alamat email dan meminta kamu untuk mengisi alasan kenapa gambar tersebut telah melanggar hak privasi. Selamat mencoba, Paradiva!

Baca juga: Add Yours Jadi Ladang Penipuan, Instagram Bakal Hapus Postingan yang Menyebar Data Pribadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here