Rayakan Hari Tanpa Belanja, Ada 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Jika Tak Belanja

0
Hari Tanpa Belanja
Foto: Unsplash/Joyce Busola

Paradiva, udah tahu belum nih caranya merayakan Hari Tanpa Belanja? Kalau belum, jangan khawatir karena Gadgetdiva punya nih pilihan hal yang bisa kamu lakukan saat nggak belanja.

Hari Tanpa Belanja tahun ini jatuh pada tanggal 26 November. Setiap tahunnya, hari tersebut diperingati pada tanggal yang berbeda. Contohnya, tahun lalu diperingati pada 27 November 2020, sedangkan tahun depan pada 25 November 2022.

Dikutip dari Day of the Year, orang-orang yang merayakan Buy Nothing Day atau Hari Tanpa Belanja biasanya melakukan banyak hal untuk mengungkapkan keberatan mereka terhadap budaya berbasis konsumen. Dibanding berbelanja, biasanya mereka hanya menghabiskan waktu di rumah.

Hari Tanpa Belanja
Foto: Unsplash/Bap Truong

Baca juga: Buy Nothing Day, Hari Tanpa Belanja 26 November 2021

Ada beberapa yang menyelenggarakan “zombie walk”. Sebuah aksi dimana semua “zombie” yang berpartisipasi berjalan-jalan di sekitar toko, supermarket dan pusat perbelanjaan tidak berbelanja.

Aksi ini dilakukan untuk menarik perhatian orang-orang. Sekaligus, meningkatkan kesadaran tentang Buy Nothing Day karena “zombie” pasti akan ditanya apa yang mereka lakukan dan mengapa. Kemudian, mereka akan menjelaskan tujuan mereka melakukan aksi tersebut.

Di samping itu, biasanya mereka juga menghabiskan waktu untuk berlibur menikmat alam secara gratis. Misalnya dengan mengunjungi pedesaan atau pegunungan.

Nah, bagi Paradiva yang hanya bisa menghabiskan waktu di rumah, namun tetap tak ingin berbelanja. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan saat nggak berbelanja.

5 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Tak Belanja

Blok Aplikasi Belanja

Untuk mendistraksi diri dari keinginan berbelanja, langkah pertama yang bisa Paradiva lakukan adalah blok aplikasi dan situs belanja. Kamu juga bisa me-log out sementara akunmu dari aplikasi yang kamu miliki.

Jika dirasa belum cukup, Paradiva juga bisa me-log out sementara akun media sosial. Agar dijauhkan dari godaan-godaan barang lucu maupun baju model baru yang sebenarnya tak kamu butuhkan.

Hari Tanpa Belanja
Foto: Unsplash/Cardmapr

Paradiva, juga bisa mengalihkan pengeluaran dengan menyisihkan sedikit uangmu untuk menabung, investasi atau beramal. Hal ini jauh lebih baik dilakukan.

Jadi, mending ditutup sementara deh aplikasi Shopee dan Tokopedia-nya. Hanya 24 jam saja!

Hindari Ajakan Keluar Rumah

Setelah memblokir aplikasi dan situs belanja yang kamu miliki, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menghindari ajakan keluar rumah. Jika keluar rumah, otomatis kita akan mengunjungi tempat-tempat yang tak jauh dari pusat perbelanjaan.

Maka, lebih sulit juga bagi kita untuk menahan hasrat berbelanja. Apalagi jika dilakukan bersama oleh orang lain. Menurut Cermati.com, saat berbelanja dengan orang lain, kita cenderung lebih sulit untuk mengendalikan diri.

Hari Tanpa Belanja
Foto: Unsplash/Andrew Le

Kita cenderung lebih mudah untuk membeli barang-barang yang sebenarnya nggak dibutuhkan. Meski, sering juga kita menanyakan pendapat mereka mengenai barang yang ingin kita beli tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya hindari ajakan keluar rumah atau berbelanja bersama.

Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

Setelah menutup akun e-commerce dan menghindari ajakan keluar rumah, langkah selanjutnya yang bisa Paradiva lakukan adalah menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah. Ini banyak banget loh yang bisa kamu lakukan bersama.

Hari Tanpa Belanja
Foto: Unsplash/National Cancer Institute

Misalnya, mencoba resep baru bareng si kecil, mengajak adik atau kakakmu main games bareng atau sekadar menonton film bersama di ruang televisi.

Baca juga: 8 Games yang bisa kamu mainkan bareng-bareng. 

Melanjutkan Drakor yang Belum Selesai

Yap, menonton Jang Kiyong dalam Now, We Are Breaking Up bisa jadi pilihan yang tepat untuk dilakukan selama Hari Tanpa Belanja. Dijamin kamu nggak bakal tertarik berbelanja deh.

Hari Tanpa Belanja
Foto: Samsung

Atau, kamu juga bisa menghabiskan drakor yang belum sempat ditonton karena seminggu ini banyak yang harus dikerjakan. Coba cek dulu deh, kemarin kamu udah nonton Hometown Cha Cha Cha sampai episode berapa.

Mencari Hobi Baru

Cara terakhir untuk mendistraksimu dari keinginan berbelanja adalah dengan mengeksplorasi hobi baru. Banyak hal yang bisa kamu lakukan.

Contohnya adalah mencoba virtual fotografi, membaca buku yang tersimpan rapih di rak, merajut atau berkebun.

Nah, tadi adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan selama Hari Tanpa Belanja. Selamat mencoba ya, Paradiva!

Baca juga: Fakta Hari Tanpa Belanja yang Harus Kamu Ketahui


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan